Peran Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VII (Studi Kasus di SMPN 1 Balong)

Yuniarti, Karina (2021) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VII (Studi Kasus di SMPN 1 Balong). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317161_KARINA YUNIARTI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuniarti, Karina. 2021. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII (Studi Kasus di SMPN 1 Balong). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Arif Wibowo, M.Pd.I
Kata Kunci: Peran, Ekstrakurikuler BTQ, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Siswa Kelas VII
Pendidikan Al-Qur’an sangatlah penting bagi anak-anak terutama anak SMP. Pada usia ini hendaknya mereka sudah mampu menulis dan membaca Al-Qur’an. Tetapi melihat realitanya mereka belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Maka dari itu sekolah SMPN 1 Balong menyelenggarakan kegiatan ekstrakurukuler BTQ. Kegiatan ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Peran kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Balong diantaranya menyalurkan dan mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa, menambah ilmu wawasan, memperluas pengalaman dalam bersosialisasi dan berkomunikasai serta mengembangkan sikap disiplin, kejujuran dan bertanggung jawab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran ekstrakurikuler BTQ dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 1 Balong, (2) Peran ekstrakurikuler BTQ dalam menerapkan ilmu tajwid siswa kelas VII di SMPN 1 Balong meliputi (3) Peran ekstrakurikuler BTQ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 1 Balong.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan (1) Peran ekstrakurikuler BTQ dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 1 Balong yaitu mengembangkan dan menambah wawasan ilmu pengetahuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar sesuai dengan hukum tajwid meskipun belum maksimal tetapi sudah ada peningkatan dalam kelancaran membaca Al-Qur’an, (2) Peran ekstrakurikuler BTQ dalam menerapkan ilmu tajwid siswa kelas VII di SMPN 1 Balong yaitu membantu siswa agar dapat membaca Al-Quran sesuai kaidah tajwid, melalui kegiatan ekstrakurikuler BTQ siswa akan mampu mempraktekkan bacaan Al-Qur’an, serta mampu mengenal huruf-huruf yang termasuk bagian-bagian ilmu tajwid. (3) Peran ekstrakurikuler BTQ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 1 Balong yaitu meningkatkan ketrampilan siswa dalam membaca Al-Qur’an terutama pada kefasihan makharujul huruf serta dengan mengikuti ekstrakurikuler BTQ siswa sudah mampu membaca dengan baik dan makharijul huruf yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:45
Last Modified: 10 Dec 2021 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17324

Actions (login required)

View Item View Item