..(FILE TIDAK DAPAT DIBUKA, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hibah Pada Program Keluarga Harapan Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo

Permatasari, Kartika Puji (2021) ..(FILE TIDAK DAPAT DIBUKA, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hibah Pada Program Keluarga Harapan Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
KARTIKA PUJI PERMATASARI-HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permatasari, Kartika Puji, 2021. Tinjauan Hibah pada Program Keluarga Harapan dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata kunci/keyword: Hibah, Program Keluarga Harapan
Hibah adalah proses hukum perpindahan hak milik dari seseorang kepada orang lain, dilakukan ketika orang yang menghibahkan itu masih hidup dan bebas untuk dipinjamkan kepada orang lain secara cuma-cuma. Program Keluarga Harapan adalah program yang memberikan bantuan tunai kepada masyarakat miskin. Salah satu Desa yang menerima manfaat Program Keluarga Harapan adalah Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Dalam praktik pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Terdapat anak dari penerima manfaat Program Keluarga Harapan yang usianya kurang dari 12 tahun yang putus sekolah dan tidak menggunakan bantuan untuk pendidikan sesuai dengan tujuannya. Selain itu pada akad pemberian dana Program Keluarga Harapan untuk peningkatan kesejahteraan lansia di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo ada hal-hal yang menurut pertimbangan penulis menarik untuk diteliti.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. bagaimana tinjauan hibah terhadap penarikan kembali dana hibah dalam Program Keluarga Harapan untuk peningkatan mutu pendidikan di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo? 2. bagaimana tinjauan hibah terhadap akad hibah pada Program Keluarga Harapan untuk meningkatkan kesejahteraan lansia di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis induktif yaitu pembahasan dilakukan dengan menarik suatu kesimpulan yang bertitik tolak pada pengetahuan yang umum yang kemudian digunakan untuk menilai suatu kejadian yang khusus.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa 1. Penarikan terhadap dana hibah pada Program Keluarga Harapan bagi peningkatan mutu pendidikan di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo diperbolehkan karena masyarakat tidak menggunakan dana sesuai tujuannya. Penarikan dana hibah tersebut menurut Ulama Hanafiah, penghibah boleh menarik kembali hibahnya jika di dalam hibah tersebut tidak disertai balasan walaupun hibah itu telah diterima oleh yang dihibahkan. Adapun macam-macam hibah yang terjadi di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo termasuk hibah bersyarat. 2. Akad hibah dalam pemberian dana Program Keluarga Harapan untuk peningkatan kesejahteraan lansia di Desa Suru Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo sah karena dalam praktiknya sudah memenuhi akad hibah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MOH MUKHLAS
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2021 07:45
Last Modified: 09 Dec 2021 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17313

Actions (login required)

View Item View Item