..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGARUH SIKAP DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN NILAI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELS VIII MTs PONDOK PESANTREN SAREH WASILAH Al ISLAM MAGETAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Firdaus, Amala Inas (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGARUH SIKAP DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN NILAI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELS VIII MTs PONDOK PESANTREN SAREH WASILAH Al ISLAM MAGETAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417006 AMALA INAS FIRDAUS TADRIS IPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Amala Inas Firdaus 2021. Pengaruh Sikap dan Minat Belajar Siswa Dengan Nilai Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Sareh Wasilah Al Islam Magetan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.

Kata Kunci : Sikap,Minat Belajar, Nilai Hasil Belajar
Sikap belajar siswa sendiri dapat mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Bagi siswa yang memperhatikan pelajaran akan mendapatkan nilai yang baik. Dibanding dengan siswa yang tidak memperhatikan pelajaran. Siswa yang sikapnya kurang baik dalam pembelajaran maka nilainya pun akan jelek. Minat sendiri sangat penting dalam penting dalam proses pembelajaran tanpa adanya minat belajar siswa maka tidak ada semangat dalam belajar siswa. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara sikap dan minat belajar siswa dengan nilai hasil belajar siswa pada siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Sareh Wasilah Al Islam Magetan Tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah adalah Simpel Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel secara acak. Pada table hasil penghitungan dengan spss terdapat nilai koefesien determasi R Squre =0,345(34,5%) Ini menujukan pengaruh variabel independen sikap(X1)terhadap perubahan variabel dependen Nilai hasil belajar(Y) adalah 34,5%. Pada table hasil penghitungan dengan spss terdapat nilai koefesien determasi R Squre =0,351(35,1%) Ini menujukan pengaruh variableindependen(X1)(X2)terhadap perubahan variabel dependen(Y) adalah 35.
Pada table hasil Bedasarkan penghitungan dengan Spss di ketahui nilai thitung= 3.498 dan 0,504 dengan nilai signifikan 0,002 dan 0,618< 0,05 maka Ho di tolak dan H3 diterima. Yang berarti ada pengaruh antara sikap dan minat belajar siswa dengan nilai hasil belajar.

ABSTRACT

Amala Inas Firdaus 2021. The infeluence students' attitudes and interest in learning with the value of learning outcomes for Integrated Social Studies subjects studies in class VIII MTs Islamic boarding schools Sareh Wasilah Al Islam Magetan for the 2020/2021 academic year. Thesis of the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. Department of Social Sciences Tadris. Ponorogo State Islamic Institute. Supervisor Dr. Mukhibat, M.Ag.
Keywords: Attitudes, Interests, Value of Learning Outcomes
Students' own learning attitudes can affect the student's learning process. For students who pay attention to the lesson will get good grades. Compared to students who don't pay attention to the lesson. Students whose attitude is not good in learning then the value will be bad. Interest itself is very important in the learning process without the interest in learning students then there is no spirit in student learning. This research aims to find out the influence between students' attitudes and learning interests with the value of student learning outcomes in students of class VIII MTs Pondok Pesantren Sareh Wasilah Al Islam Magetan School year 2020/2021. This type of research is quantitative research. The sampling technique used in research is Simple Random Sampling which is random sampling of members. On the table of calculation results with spss there is a co-efficient value of determasi R Squre = 0.345 (34.5%) This leads to the effect of independent variable attitude (X1) on the change of dependent variables The value of learning outcomes (Y) is 34.5%.
In the table of results Based on calculations with Spss known thitung value = 3,498 and 0.504 with significant values 0.002 and 0.618< 0.05 then Ho rejected and H3 accepted. Which means there is an influence between students' learning attitudes and interests with the value of learning outcomes

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2021 07:40
Last Modified: 09 Dec 2021 07:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17308

Actions (login required)

View Item View Item