Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MA Muhammadiyah 04 Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo)

Wijayanti, Erika (2021) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MA Muhammadiyah 04 Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi 211217005 Erika Wijayanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Manajemen sarana dan prasarana digunakan untuk mengelola sebuah sarana dalam mendukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dalam rangka peningkatan pelayanan pendidikan di sekolah, MA Muhammadiyah 04 Beton memanajemen sarana dan prasarana pendidikan dengan baik. Hal ini dapat ditandai dengan prestasi siswa yang diraih dan cukup cemerlang tiap tahunnya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perencanaan sarana prasarana di MA Muhammadiyah 04 Beton dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Untuk mengetahui pengadaan sarana prasarana di MA Muhammadiyah 04 Beton dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; (3) Untuk mengetahui pemeliharaan sarana prasarana di MA Muhammadiyah 04 Beton dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; dan (4) Untuk mengetahui pengawasan sarana prasarana di MA Muhammadiyah 04 Beton dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Dalam perencanaan yang telah dilakukan oleh MA Muhammadiyah 04 Beton khususnya dengan mengutamakan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam menunjang prestasi siswa dalam mengikuti perlombaan-perlombaan ditingkat sekolah; (2) Dalam pengadaan yang telah dilakukan oleh MA Muhammadiyah 04 Beton khususnya dengan mengutamakan pengadaan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam menunjang prestasi siswa dalam mengikuti perlombaan-perlombaan ditingkat sekolah ditahun pembelajaran yang sedang berlaku yang dilakukan pengadaan ketika mendekati waktu dilaksanakannya perlombaan tersebut; (3) Dalam pemeliharaan yang telah dilakukan oleh MA Muhammadiyah 04 Beton khususnya dengan melakukan pemeliharaan secara rutin pada sarana prasarana yang dibutuhkan dalam menunjang prestasi siswa dalam mengikuti perlombaan-perlombaan ditingkat sekolah. Seperti halnya pemeliharaan mading (majalah dinding) yang dilakukan oleh siswa setiap harinya dengan menyapu, membersihkan mading dari kotoran, serta memperbarui isi mading yang dilakukan untuk mendukung perlombaan mading. Sehingga para siswa mampu meraih Juara 3 Mading; dan (4) Pengawasan sarana prasarana di MA Muhammadiyah 04 Beton dilakukan dengan melibatkan seluruh warga sekolah. Siswa yang mengetahui terjadinya kerusakan pada sarana prasarana khususnya dalam mendukung prestasi (seperti halnya mading) maka akan melaporkan pada wakil kepala sekolah untuk segera diperbaiki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2021 06:53
Last Modified: 08 Dec 2021 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17302

Actions (login required)

View Item View Item