..(PERBAIKI SCAN LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PADA TAFSIR AL MISHBAH SURAT AL LUQMAN AYAT 12-19 DAN RELEVANSINYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Romza Jazila, (210316363) (2021) ..(PERBAIKI SCAN LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PADA TAFSIR AL MISHBAH SURAT AL LUQMAN AYAT 12-19 DAN RELEVANSINYA DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ROMZA JAZILA (210316363) SKRIPSI_ NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Jazila, Romza. 2021. Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Pada Tafsir Al Mishbah Surat Al Luqman Ayat 12-19 Dan Relevansinya Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidkan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro, M.Pd.I
Kata Kunci : Pendidikan anak, pandemi covid-19, tafsir al Misbah surat Luqman ayat 12-19
Pendidikan anak dalam keluarga menjadi hal yang penting untuk tumbuh kembang kehidupan anak, dimana keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak. Hikmah Luqman dalam al Qur’an menjadi teladan bagi orang tua dalam mendidik anak di lingkungan keluarga. Pada era pandemi covid-19 memberikan tantangan baru bagi orang tua dalam memberikan pendidikan anak, sehingga perlu adanya sebuah kajian mengenai pendidikan anak dalam keluarga dengan keteladan hikmah Luqman pada surat Luqman 12-19, dengan mengkaji tafsir al Mishbah dan relevansinya di masa pandemi covid-19.
Penulisan ini merumuskan masalah penelitian dan bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana
konsep pendidikan anak dalam keluarga pada surat Lukman ayat 12-19 menurut tafsir al Mishbah
di masa pandemi Covid-19 ? Penulisan ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka (library research) dengan mengkaji data melalui naskah-naskah atau buku-buku yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Penulis berusaha mengkaji pendidikan anak dalam keluarga pada tafsir al Mishbah surat Luqman ayat 12-19. Teknik pengumpulan data pada penulisan ini dengan menghimpun data-data yang berasal dari buku-buku dokumen, dan yang menjadi sumber primer pada penulisan ini buku tafsir al Mishbah pemikiran M. Quraish Shihab. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi (content analysis), merupakan analisis data yang mendasarkan pada isi dari data deskriptif.
Pada penulisan ini penulis menemukan jawaban dari rumusan masalah, yaitu : 1. Konsep pendidikan anak dalam keluarga pada surat Lukman ayat 12-19 menurut tafsir al Mishbah yaitu pendidikan tahuhid dan bersyukur, berbakti kepada kedua orang tua, pendidikan ibadah dan mar ma’ruf nahi mungkar, dan pendidikan akhlak (bersabar, tidak sombong, sederhana dalam berjalan dan berbicara). 2. Relevansi konsep pendidikan anak dalam keluarga pada tafsir al Mishbah surat Luqman ayat 12-19 di masa pandemi covid-19, yakni : a) orang tua menjadi garda terdepan dalam penanaman nilai tauhid, seperti bahwa covid-19 merupakan kehendak Allah, b) pandemi membuat anak lebih banyak di rumah maka membantu orang tua dapat menanamkan rasa bakti dan kasih sayang kepada orang tua, c) era pandemi berdampak pada liburnya sekolah sehingga orangtua hendaknya memberikan pendampingan dalam belajar, ibadah, untuk menanamkan pendidikan ibadah, d) pandemi memberikan dampak pula pada segi sosial dan ekonomi, dengan mengajarkan anak untuk saling berbagi dan menghormati sesaman dapat menumbuhkan pendidikan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:37
Last Modified: 08 Dec 2021 03:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17292

Actions (login required)

View Item View Item