Nilai Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Film Animasi Zootopia dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Sekolah Dasar

Effendi, Ardy (2021) Nilai Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Film Animasi Zootopia dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617163 ARDY EFFENDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada kondisi saat ini, siswa sekolah dasar mengalami kemunduran karakter kerja keras, kerja sama dan peduli sosial. Siswa sekolah dasar sekarang ini cenderung lebih suka bermain game online daripada mengerjakan tugas sekolah, mudah putus asa dalam mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh guru. Bentuk kerja sama siswa sekolah cenderung ke arah negatif, seperti membuat kelompok (geng) dan melakukan bullying terhadap teman mereka sendiri. Peneilti juga melihat kondisi siswa sekolah dasar saat ini kurang mempunyai rasa kepedulian sosial terhadap orang lain. Kegiatan menonton film menjadi salah satu kebiasaan di masyarakat sekarang ini, tayangan yang ditampilkan juga beragam ada yang mengandung positif maupun negatif. Usia para penikmat film sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari segi unsur psikologi menonton film termasuk modelling bagi penontonnya. Modelling adalah menirukan apa yang dilihat, ditayangkan yang distimulasikan oleh otak melalui panca indra. Dalam film animasi Zootopia ini anak-anak diharapkan mampu manirukan sikap atau perilaku yang baik dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan nilai kerja keras dalam film animasi Zootopia, (2) untuk mendeskripsikan nilai kerja sama dalam film animasi Zootopia, (3) untuk menjelaskan relevansi nilai keja keras dalam film animasi Zootopia dengan pendidikan karakter peduli sosial anak usia sekolah dasar, dan (4) untuk menjelaskan relevansi nilai kerja sama dalam film animasi Zootopia dengan pendidikan karakter peduli sosial anak usia sekolah dasar.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data pada penelitian ini adalah data primer berupa film animasi Zootopia dan data sekunder berupa buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada peniltian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data pada peneilitian ini menggunakan teknik analisis isi. Langkah-langkah prosedur kerja metode analisis isi dalam penelitian ini adalah (1) merumuskan tujuan analisis, (2) reduksi data, (3) kategorisasi data, (4) penyajian data, dan (5) penarikan kesimpulan.
Hasil temuan pada penelitian ini terdapat nilai kerja keras pada film animasi Zootopia yaitu, (1) memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya, dan (2) senang mengerjakan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Terdapat nilai kerja sama pada pada film animasi Zootopia yaitu, (1) saling tolong menolong kepada teman ketika sedang membutuhkan pertolongan, dan (2) Memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan setiap pekerjaan dalam kelompok. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diketahui bahwa ada keterkaiatan antara nilai kerja keras pada film animasi Zootopia dengan pendidikan karakter peduli sosial anak usia sekolah dasar. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diketahui bahwa ada keterkaiatan antara nilai kerja kerja sama pada film animasi Zootopia dengan pendidikan karakter peduli sosial anak usia sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:19
Last Modified: 08 Dec 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item