...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Partisipasi Masyarakat dalam Upaya Pengembangan Madrasah di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo

Al-Faruqy, Jauhar Fahmi (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Partisipasi Masyarakat dalam Upaya Pengembangan Madrasah di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210317272_Jauhar Fahmi Al-Faruqy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Tanggungjwab terhadap pendidikan yang di rasa bukan hanya dari pemerintahan, melainkan juga tanggungjawab masyarakat. Kerjasama yang baik antara lembaga pendidikan yaitu sekolah dengan masyarakat akan mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan. Sekolah dituntut untuk lebih aktif dan kreatif dalam menciptakan kerjasama yang baik dengan masyarakat. Permasalahannya, keikutsertaan/partisipasi masyarakat masih belum maksimal dan beranggapan pendidikan tanggungjwab pemerintah dan sekolah, sedangkan masyarakat mendukung dari finansialnya saja serta sekolah masih belum maksimal dalam memberikan ruang bagi masyarakat untuk terlibat dalam proses pendidikan sehingga keterlibatan secara fisik dan psikis masih belum sepenuhnya maksimal. Dari hasil penajajagan awal yang diperoleh peneliti bahwasannya masyarakat desa Beton memiliki partisipasi yang antusias karena pendidikan di lingkup internal dianggap lebih fungsional dan masyarakat menenkankan pengembangan pada sumber daya di Desa Beton. Partisipasi masyarakat dengan MA Muhammadiyah tidak hanya dengan finansial saja, melainkan sumbangan tenaga dan gagasan, mengingat latar belakang sekolah yang berada di tengah masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor yang mendasari terbentuknya partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan madrasah di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo, (2) mengetahui upaya madrasah membangun partisipasi masyarakat dalam rangka pengembangan madrasah di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo, (3)mengetahui bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan madrasah di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan data yang disajikan dalam bentuk deskriptif atau naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan 1 informan kunci dan 3 informan pendukung, observasi secara langsung dan dokumentasi terkait arsip sekolah yang dibutuhkan. Peneliti menganalisis data partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan madrasah di MA Muhammadiyah 4 Beton menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dan mengadakan membercheck.
Berdasarkan data penelitian yang diperoleh peneliti di lapangan, ditemukan bahwa: (1) faktor yang mendasari terbentuknya partisipasi masyarakat di MA Muhammadiyah, yaitu latar belakang keberadaan sekolah, kesadaran masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dengan sekolah dan keterlibatan dan kontribusi dari berbagai pihak. (2) upaya madrasah dalam membangun partisipasi masyarakat dalam rangka pengembangan madrasah, yaitu menjalin hubungan dengan masyarakat, sosialisasi program sekolah dan pelibatan masyarakat, dan menjalin hubungan dengan komite sekolah. (3) bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dengan MA Muhammadiyah 4 Beton, yaitu bentuk fisik meliputi: sumbangan tenaga dan finansial yang terealisasikan di sektor pembangunan dan keagamaan, bentuk non-fisik meliputi: sumbangan moril, baik dari dukungan, ide, gagasan, masukan dan lainnya yang terealisasikan di pembangunan dan pelaksanaan program kegiatan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:08
Last Modified: 08 Dec 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17284

Actions (login required)

View Item View Item