...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN, CINTA TANAH AIR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMP MA’ARIF 1 PONOROGO

Fitriya, Nurma (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN, CINTA TANAH AIR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMP MA’ARIF 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316165 NURMA FITRIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fitriya, Nurma, 2020. Internalisasi Nilai Karakter Disiplin, Cinta Tanah Air dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati M.Pd.I.

Kata Kunci: Internalisasi/Penanaman nilai-nilai karakter, Ekstrakulikuler Pencak Silat

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perguruan pencak silat, dan bukan berarti di dalam kegiatan pencak silat ini hanya diajarkan jurus-jurus atau ilmu seni beladiri saja. Dalam setiap latihan, ada proses internalisasi/penanaman karakter yang disisipkan dalam setiap latihan. Adapun internalisasi/penanaman karakter yang sangat terlihat dan ditanamkan pada siswa (peserta latihan) adalah karakter disiplin, cinta tanah air dan tanggung jawab. Ketiga karakter tersebut sangat berkaitan erat dan saling melengkapi dalam proses penanaman karakter yang diajarkan di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan bagaimana Internalisasi nilai karakter disiplin, cinta tanah air, dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler pencak silat di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, (2) menjelaskan dampak dari kegiatan ekstrakulikuler pencak silat terhadap karakter disiplin, cinta tanah air dan tanggung jawab siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, dan (3) mendiskripsikan dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai karakter disiplin, cinta tanah air, dan tanggung jawab siswa melalui ekstrakulikuler pencak silat di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam hal ini, jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus dengan prosedur pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data analisis interaktif Miles, Huberman, dan saldana yang meliputi: kondensasi data, display data dan menarik kesimpulan (verifikasi).

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) upaya pembimbing dalam proses penanaman nilai karakter siswa yang dilakukan dalam kegiatan latihan rutin meliputi; pantauan dari pelatih, pemberian materi/tugas, pemberian motivasi, arahan serta bimbingan yang maksimal. (2) Dampak mengikuti kegiatan pencak silat, yaitu siswa sudah mampu mentaati peraturan, mengikuti kegiatan apapun di sekolah, mampu menyelesaikan tugasnya, berperilaku baik dan mencintai tanah air. Akan tetapi masih ada beberapa siswa yang tidak mentaati peraturan, maka bimbingan dan motivasi dari pelatih terus dimaksimalkan (3) Faktor pendukung dan penghambat diantaranya adalah fasilitas yang memadai dan kerja sama antara pembimbing ekstrakurikuler pencak silat, guru BK, dan orang tua wali murid terjalin erat. Sedangkan faktor penghambat. yaitu masih ada beberapa siswa yang melanggar peraaturan. dan kurangnya pembimbing latihan pencak silat, hal tersebut pihak sekolah masih mengupayakan dalam penambahan pembimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:07
Last Modified: 08 Dec 2021 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17283

Actions (login required)

View Item View Item