Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Internet Pada Pemahaman Belajar IPS Kelas IX MTs Roudlotul Ulum Mojoduwur Mojowarno Jombang

Rochmania, Nazilatur (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Internet Pada Pemahaman Belajar IPS Kelas IX MTs Roudlotul Ulum Mojoduwur Mojowarno Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211417001 NAZILATUR ROCHMANIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rochmania, Nazilatur. 2021, Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Internet terhadap Pemahaman Belajar Ips Siswa Kelas Ix Mts Roudlotul Ulum Mojoduwur Mojowarno Jombang, Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci : Pengaruh internet, IPS, Pemahaman belajar
Seiring perkembanagan zaman, pemanfaatan internet buat global pendidikan berdasarkan jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi mengalami perkembangan yang relatif signifikan. Teknologi internet yang menaruh efek relatif akbar pada global pendidikan ini, idealnya jua wajib diimbangi menggunakan pencerahan masing- masing individunya. Media pembelajaran menggunakan teknologi internet adalah metode pembelajaran modern, yang mana ketika ini sistem pendidikan pada Indonesia jua memakai internet menjadi media pembelajaran. Media pembelajaran ketika ini yang menuntut murid aktif dan berdikari menciptakan kiprah pembelajaran sistem IT sangat penting
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mengetahui pengaruh internet terhadap pemahaman belajar kelas IX pada mata pelajaran IPS di MTs Roudlotul Ulum Mojoduwur; 2) mengetahui pemahaman belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di MTs Roudlotul Ulum Mojoduwur setelah adanya permasalahan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian memilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media berbasis internet dan kelas control tanpa diberi perlakuan pembelajaran dengan media berbasis internet. Pengumpulan data dilakuakn dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran postest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametik dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan pemahaman belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kontrol dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest didapat bahwa tidak ada pengaruh/perbedaan hasil sebelum perlakuan. Namun sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis internet hasilnya jauh lebih tinggi disbanding kelas kontrol yang tanpa menggunakan pemanfaatan internet yang dapat ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,567 > 2,021 jadi hasil uji hipotesis didapat bahwa terdapat pengaruh pemanfaatn internet terhadap pemahaman belajar siswa. Sedangkan pada kelas eksperimen dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest dan posttest yang dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest < nilai rata-rata postest 73,21 < 83,71 jadi terjadi peningkatan pemahaman belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan internet berpengaruh terhadap pemahaman belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:05
Last Modified: 08 Dec 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17282

Actions (login required)

View Item View Item