Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Dan Minat Belajar Siswa Di MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Akbar, Fuad Ali (2021) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Dan Minat Belajar Siswa Di MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317123_FUAD ALI AKBAR-PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Akbar, Fuad Ali. 2021. Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan dan Minat Belajar Siswa Di MA Ma’arif Al-Mukarrom. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M. Pd. I.
Kata Kunci: Upaya Guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Kedisiplinan, Minat Belajar, MA Ma’arif Al-Mukarrom.
Mata pelajaran SKI merupakan mata pelajaran Sejarah yang penting untuk dipelajari, karena pada mata pelajaran Sejarah dapat membentuk watak, dan kepribadian umat dari perjalanan suatu tokoh Islam terdahulu. Sehingga di madrasah dalam realitasnya pelajaran SKI masih kurang diminati oleh siswa, dan belum sepenuhnya patuh dalam menaati peraturan yang dibuat madrasah. Maka siswa ketika pembelajaran kedisiplinan dan minat belajar belajar siswa kurang. Permasalahan yang peneliti angkat adalah upaya guru SKI dalam menanamkan kedisiplinan dan minat belajar siswa di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru SKI dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa, mendeskripsikan upaya guru SKI dalam menanamkan minat belajar siswa, mendeskripsikan faktor penghambat dari upaya guru SKI dalam menanamkan kedisiplinan, dan minat belajar siswa.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis melakukan penelitian di MA Ma’arif Al-Mukarrom menggunakan metode penelitian kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa upaya guru SKI dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa di MA Ma’arif Al-Mukarrom, yaitu menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, dan pemberian hukuman. Kemudian upaya guru SKI dalam menanamkan minat belajar siswa, yaitu mengembangkan dan mengarahkan potensi dasar siswa, menyediakan sarana dan prasarana dalam pengembangan minat, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kreativitas, memberikan reward kepada siswa, memberikan bimbingan dan motivasi pada siswa. Kemudian faktor yang menghambat dari upaya guru SKI dalam menanamkan kedisiplinan, dan minat belajar siswa di MA Ma’arif Al-Mukarrom sama terdapat dua faktor, yaitu faktor dari diri sendiri (intern), dan faktor dari luar (ekstern), seperti malas belajar SKI, siswa terpaksa mengikuti pembelajaran, kurangnya minat, dan motivasi siswa. Faktor lainnya yaitu ketika pelajaran SKI mengantuk, kurangnya jam mengajar, kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya, dan faktor lingkungan madrasah (pengaruh pergaulan teman).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:14
Last Modified: 07 Dec 2021 04:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17270

Actions (login required)

View Item View Item