Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo

Cahyono, Aris Dwi (2020) Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Aris Dwi Cahyono-210613162.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cahyono, Dwi, Aris, 2020. Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ali Ba’ul Chusna, M.SI.
Kata kunci: Budaya Sekolah, Sikap Disiplin Siswa
Setiap sekolah atau madrasah memiliki budaya masing-masing dalam usaha untuk meningkatkan sikap disiplin, walaupun terlihat sama namun aplikasi yang berbeda diterapkan di setiap sekolah. Ini menghasilkan output yang berbeda pula. Begitupula yang terjadi di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Dimana implementasi budaya sekolah ala pesantren yang menekankan pada disiplin ketat yang dilakukan secara terus-menerus dan kontinyu berdampak pada pengembangan sikap disiplin siswa. Tujuan peneliti ini adalah: (1) Untuk mengetahui budaya sekolah yang berjalan di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. (2) Untuk mengetahui tingkat disiplin siswa MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. (3) Untuk mengetahui dampak implementasi budaya sekolah dalam mengembangkan sikap disiplin siswa MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang memiliki karakteristik alami sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses diutamakan daripada hasil. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan peneliti sebagai instrumen kecil. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan mengorganisasi data, menjabarkan dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan akan dipelajari dan membuat kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat diketahui, budaya sekolah di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo berakar pada budaya pesantren, yang mana mengedepankan pengembangan spiritual dan emosianal tanpa mengesampingkan intelektual serta disiplin yang ketat. Yang mana hal ini berdampak pada tingkat kedisiplinan siswa. baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:16
Last Modified: 07 Dec 2021 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17261

Actions (login required)

View Item View Item