Peningkatan Pemahaman Fikih Wanita Melalui Kajian Kitab Risalat Al-Mahid dan Implementasinya bagi Santri Kelas IV M Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Ponorogo

Chasanah, Siti Nur Rochmah (2021) Peningkatan Pemahaman Fikih Wanita Melalui Kajian Kitab Risalat Al-Mahid dan Implementasinya bagi Santri Kelas IV M Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317163 SITI NUR ROCHMAH CHASANAH SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Chasanah, Siti Nur Rochmah. 2021. Peningkatan Pemahaman Fikih Wanita Melalui Kajian Kitab Risa>lat Al-Mah}i<d dan Implementasinya bagi Santri Kelas IV M Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M.Ag..
Kata Kunci: Fikih Wanita, Risa>lat Al-Mah}i<d , Pemahaman, Implementasi
Fikih wanita merupakan cabang fikih yang dikhususkan bagi wanita muslim yang dibentuk dengan tujuan agar wanita muslim dapat memahami kaidah-kaidah syari’at Islam yang diajarkan dalam agama untuk menunaikan kewajiban yang diperintahkan oleh Allah. Oleh sebab itu fikih wanita merupakan solusi dari berbagai problematika perempuan yang memang tidak ada habisnya. Haid atau menstruasi adalah kejadian penting dalarn kehidupan seorang remaja putri. Dan yang lebih penting perlu ditanamkan bahwa dengan datangnya haid, Allah telah mewajibkan untuk melaksanakan segala perintah-Nya dan menjahui segala larangan-Nya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui problematika fikih kewanitaan yang dialami santri kelas IV M Madrasah Diniyah Miftahul Huda, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaraan Kitab Risa>lat Al-Mah}i<d dalam meningkatkan pemahaman bagi santri kelas IV M Madrasah Diniyah Miftahul Huda, (3) mengetahui implikasi dari hasil pembelajaran Kitab Risa>lat Al-Mah}i<d dalam meningkatkan internalisasi Fikih Wanita dalam kehidupan santri kelas IV M Madrasah Diniyah Miftahul Huda.
Jenis penelitian yang diambil dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan selebihnya adalah data tambahan. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti melakukan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan data verifikasi dalam proses analisa. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: Problematika fikih kewanitaan yang dialami santri kelas IV M Madrasah Miftahul Huda, yaitu sebagai berikut: menyentuh Al-Qur’an atau mushaf Ketika haid, rambut atau kuku jatuh ketika haid, tidak segera mandi wajib ketika haid sudah selesai, dll. Pelaksanaan pembelajaraan Kitab Risa>lat Al-Mah}i<d dalam meningkatkan pemahaman bagi santri kelas IV M Madrasah Miftahul Huda yaitu guru menyiapkan perencanaan, seperti menentukan materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Implikasi dari hasil pembelajaran Kitab Risa>lat Al-Mah}i<d dalam meningkatkan internalisasi Fikih Wanita dalam kehidupan santri kelas IV M Madrasah Miftahul Huda yaitu meskipun dalam teorinya Risa>lat Al-Mah}i<d mudah dipelajari dan difahami, beberapa santri kelas IV masih merasakan kesulitan dalam mempraktekan mata pelajaran Risa>lat Al-Mah}i<d ketika mereka mengalami haid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: S. Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:32
Last Modified: 06 Dec 2021 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17257

Actions (login required)

View Item View Item