revitalisasi fungsi keluarga maslahah menurut teori perubahan sosial

mustofa, mustofa (2021) revitalisasi fungsi keluarga maslahah menurut teori perubahan sosial. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Tesis_Mustofa_Revitalisasi Fungsi Keluarga Maslahah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan kelompok terkecil dalam lingkungan masyarakat. dasar membangun keluarga yang berkepribadian kuat salah satunya dengan konsep keluarga mas}lah}ah. Lembaga Kemaslahatan Keluarga dan Fatayat NU Ponorogo bergerak dalam bidang penguatan ketahanan keluarga dengan mengembangan keluarga mas}lah}ah. Pada masa pandemi saat ini banyak tantangan dan permasalahan keluarga. Berbagai macam perubahan dihadapi oleh keluarga di sektor pendidikan, ekonomi serta perubahan sosial yang terjadi membawa pengaruh yang tidak menguntungkan. Perlunya konsep keluarga mas}lah}ah menyesuaikan dengan perubahan sehingga mampu menjawab tantangan. Penelitian ini akan difokuskan pada pengurus Lembaga Kemaslahatan Keluarga dan Fatayat NU karena paham terhadap keluarga mas}lah}ah. Adapun pokok permasalahannya sebagai berikut 1) Bagaimana pengurus Lembaga Kemaslahatan Keluarga dan Fatayat NU Ponorogo merevitalisasi fungsi keluarga mas}la}hah untuk menyesuaikan kondisi 2) Faktor yang melatarbelakangi upaya revitalisasi fungsi keluarga mas}la}hah. 3) Apa dampak dari upaya revitalisasi fungsi keluarga mas}la}hah. Jenis penelitian ini ialah lapangan mendatangi atau menghubungi narasumber untuk memperoleh data yang real dan akurat.
Pendekatan yang digunakan perubahan sosial. untuk mengumpulkan data, metode yang digunakan wawancara dan dokumentasi, analisa dengan pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data tentang permasalahan mewujudkan keluarga mas}la}hah dan upaya menghidupkan fungsi keluarga mas}la}hah, dan kemudian dilakukan penyimpulan. dapat disimpulkan, upaya pengurus LKK dan Fatayat merevitalisasi fungsi keluarga mas}la}hah dengan penguatan dari dalam keluarga, merencanakan ulang masa depan. Memperbaiki komunikasi keluarga, kematangan emosi, luwes pembagian peran, berpegang ajaran islam. Dari luar, menguatkan sesama anggota keluarga. Memanfaatkan waktu bersama antara keluarga inti atau keluarga besar. Mengelola keuangan dengan baik, mempertahankan sumber pendapatan yang ada atau mencari sumber pendapatan yang lain dan berempati dengan masyarakat sekitar. Adanya konflik di dalam keluarga, mulai dari konflik ekonomi, pembagian tanggung jawab rumah tangga, kekurangan pangan dan komunikasi anggota keluarga. adanya revolusi mengubah tatacara kehidupan dasar sosial berkeluarga. Adanya revolusi teknologi.
Dampak revitalisasi fungsi keluarga mas}la}hah, yaitu: dari dalam keluarga, keluarga mampu beradaptasi dan bersikap bijak, tercipta komunikasi dua arah yang baik, dan saling mendukung, menumbuhkan sikap kedewasaan emosi anggota keluarga, menumbuhkan rasa tanggung jawab berumah tangga, lebih berserah diri dan menerapkan nilai-nilai agama dalam berkeluarga. Sedangkan dari luar keluarga, antara keluarga inti, keluarga besar atau tetangga terjalin hubungan saling menguatkan, pandai mengatur keuangan keluarga dan memunculkan gagasan kreatif untuk memanfaatkan setiap potensi yang ada di sekirat rumah untuk mencukupi kebutuhan, bertambahnya keterampilan baik dalam bercocok tanam, budidaya ikan untuk memenuhi kebutuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Lutfi Hadi aminuddin
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:02
Last Modified: 06 Dec 2021 06:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17253

Actions (login required)

View Item View Item