hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv mi ma’arif patihan kidul siman ponorogo

Fikria, Muallifatul (2021) hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv mi ma’arif patihan kidul siman ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617028_Muallifatul Fikria.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada hakikatnya merupakan perubahan tingkah laku sebagai hasil dari proses belajar. Ada 2 faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal adalah minat belajar. Minat belajar adalah suatu keinginan dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran disertai dengan perhatian dan keaktifan untuk menguasai pengetahuan dan pengalaman yang disertai rasa senang dan diperoleh kepuasan dalam dirinya. Dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV di MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo ditemui beberapa siswa yang mendapatkan nilai setara dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini membuktikan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) mengetahui bagaimana minat belajar IPA siswa kelas IV di MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo tahun pelajaran 2020/2021, (2) mengetahui bagaimana hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo tahun pelajaran 2020/2021, (3) mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo tahun pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, yaitu menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat belajar siswa kelas IV MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo dalam kategori tinggi sebanyak 7 responden (15%), dalam kategori cukup sebanyak 33 responden (72%), dan kategori rendah sebanyak 6 responden (13%). Dapat dikatakan bahwa minat belajar siswa kelas IV MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo adalah cukup. (2) Hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo dalam kategori tinggi sebanyak 8 responden (17,4%), dalam kategori cukup sebanyak 30 responden (65,2%), dan kategori rendah sebanyak 8 responden (17,4%). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa kelas IV MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo adalah cukup. (3) Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Maarif Patihan Kidul Siman Ponorogo yaitu dengan diperoleh nilai hasil perhitungan korelasi product moment 0,617.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:04
Last Modified: 06 Dec 2021 06:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17252

Actions (login required)

View Item View Item