(Silakan Upload Ulang..File Kosong..)Pengaruh Kemampuan Membaca dan Ketekunan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 MIN 3 Ponorogo

Puspita, Anjarwati Eka (2021) (Silakan Upload Ulang..File Kosong..)Pengaruh Kemampuan Membaca dan Ketekunan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponotogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Puspita, Anjarwati Eka. 2021. Pengaruh Kemampuan Membaca dan Ketekunan
Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas I di MIN 3
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Terbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Edi Irawan, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Ketekunan Belajar, Hasil Belajar
Hasil belajar siswa pada hakikatnya merupakan kemampuan yang diperoleh
anak setelah melalui kegiatan belajar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
hasil belajar siswa diantaranya kemampuan membaca siswa dan ketekunan
belajar. Jika siswa kurang mampu dalam membaca tentunya akan berdampak pada
hasil belajar siswa yang akan rendah. Begitupun dengan ketekunan belajar, jika
siswa yang belum menguasai materi tidak lebih tekun lagi dalam belajar, maka ia
akan kesulitan dalam memahami materi tersebut dan akan berdampak pula pada
hasil belajar siswa. Di MIN 3 Ponorogo khususnya kelas 1 masih banyak didapati
siswa yang kurang lancar dalam membaca dan juga didapati hasil belajar siswa
yang masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Signifikansi pengaruh
kemampuan membaca terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I MIN 3
Ponorogo, 2) signifikansi pengaruh ketekunan belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas I MIN 3 Ponorogo, 3) signifikansi pengaruh kemampuan
membaca dan ketekunan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I
MIN 3 Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan penelitian
expost facto. Populasi penelitian berjumlah 87 siswa dan sampel penelitian
berjumlah 43 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik
random sampling dan pengumpulan data penelitian menggunakan tes lisan, angket
dan tes tulis. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier
berganda.
Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa: 1) kemampuan membaca
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I
MIN 3 Ponorogo, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000, pengaruhnya sebesar
89,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti. 2)
Ketekunan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas I MIN 3 Ponorogo, dibuktikan dengan nilai signifikansi
0,000, pengaruhnya sebesar 91,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak sedang diteliti. 3) Kemampuan membaca dan ketekunan belajar berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I MIN 3
Ponorogo, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000, sebesar 94,5% dan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:04
Last Modified: 06 Dec 2021 06:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17251

Actions (login required)

View Item View Item