Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MI Sabilul Huda ds Karang Joho kec Badegan Kab Ponorogo)

Abdillah, M. Basith (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MI Sabilul Huda ds Karang Joho kec Badegan Kab Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211215022_M_Basith_Abdillah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Abdillah , Mohammad Basith . 2020.”Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan”(Studi Kasus di MI Sabilul Huda Karang Joho)Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd..
Kata Kunci: Gaya, strategi kepemimpinan dan pengembangan mutu pendidikan.
Kepemimpinan merupakan sikap mempengaruhi orang lain demi tercapainya sebuah tujuan. Kepemimpinan selalu identic dengan peran seorang lelaki bahkan dalam dunia Pendidikan. Nemun seiring berkembangnya zaman perempuan juga memilikiki hak dan kemampuan yang setara. Kepala madrasah perempuan mampu mengimbangi laki-laki dalam memimpin sebuah lembaga pendidikan sehingga lembaganya memiliki mutu yang bagus dan dapat bersaing di pasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan, strategi kepemimpinan, dan implikasi dari kepemimpinan kepala madrasah perempuan dalam mengembangkan mutu Pendidikan di MI Sabilul Huda Karang Joho Badegan Ponorogo
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara mencari dan menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi data. Analisis data penelitian kualitatif ini melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tentang kepemimpinan kepala madrasah, meliputi : 1) kepala madrasah memiliki gaya Transformatif dalam memimpin lembaga pendidikan sehingga mampu sampai pada tujuan pengembangan madrasah. 2) Setrategi kepemimpinan yang digunakan oleh pemimpin perempuan di MI Sabilul Huda sudah sesuai dengan konsep manajemen mutu terpadu. Hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) Layanan, terbukti dengan berubahnya akreditasi dari C ke B;
2) SDM, terbukti dari perhatian pemimpin dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikannya; 3) Lingkungan, iklim Madrasah yang dibuat bisa mewadahi semua konsumen, steakholder, tenaga pendidikan dan kependidikan, siswa, serta wali murid.3) pertama, mutu yang berkembang pada lembaga ini terbukti dengan pencapaian akreditasi B. Kedua, meningkatnya kualitas dan kuantitas siswa secara perlahan yang dulu nya jumlah siswa hanya sekitas 60 an sekarang sudah meningkat menjadi 90 an, juga adanya kegiatan ekstra yang mewadahi bakat dan minat siswa, contohnya seperti adanya kelas tahfidz membuat lulusan dari MI Sabilul Huda sudah mampu hafal juz 30. Ketiga, meningkatnya animo masyarakat, terjalinnya hubungan antara pihak sekolah dan wali murid dapat membantu berjalannya program-program Madrasah dengan baik, serta pihak Madrasah mampu menyiapkan program yang sesuai dengan masukan dan kebutuhan masyarakat ini akan menghasilkan suatu pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:05
Last Modified: 06 Dec 2021 06:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item