Analisis Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Dimasa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda

Fikri, Muhammad (2021) Analisis Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Dimasa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD FIKRI 211416021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fikri, Muhammad. Analisis Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Dimasa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda ). Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), Minat Belajar Siswa
Minat belajar siswa merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu Guru kelas mempunyai andil yang besar dalam meningkatkan minat belajar siswannya, guru memiliki peran besar menerapkan strategi pembelajaran agar minat belajar siswa tidak menurun dalam mengikuti pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) perencanaan strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Islam Thoriqul Huda dimasa pandemi COVID-19 (2) pelaksanaan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Islam Thoriqul Huda dimasa pandemi COVID-19 (3) evaluasi strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Islam Thoriqul Huda dimasa pandemi COVID-19
Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, penelitian lapangan yang merupakan studi kasus. Data yang dikumpulkan dengan cara metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Penganalisisan data yang dilakukan adalah analisis kualitatif, antara lain, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data menghasilkan bahwa (1) Perencanaan penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Islam Thoriqul huda diterapkan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKPD) yaitu rangkuman materi yang dipersiapkan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran.(2) Pelaksanaan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda menerapkan langkah langkah strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) seperti pembelajaran pendahuluan, penyampaian materi pembelajaran, pemancingan penampilan peserta didik, dan pemberian umpan balik. (3) Evaluasi pembelajaran pada pelajaran IPS kelas VIII di SMP Islam Thoriqul huda yang menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dalam menumbuhkan minat belajar siswa berbentuk evaluasi dengan tes tulis. Selain itu evaluasi menggunakan google formulir. Kegiatan evaluasi dapat diadakan diawal pembelajaran, pertengahan pembelajaran, dan akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arizona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:09
Last Modified: 06 Dec 2021 06:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17246

Actions (login required)

View Item View Item