Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Ponorogo)

Mujahiddah, Lina Khusniatul (2021) Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211217012_LINA KHUSNIATUL MUJAHIDDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

0Mujahiddah, Lina Khusniatul. 2021. Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ponorogo). SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kepemimpinan inovatif , Kepala sekolah, Mutu Pembelajaran
Kepemimpinan kepala sekolah dalam dunia pendidikan menjadi salah satu bagian terpenting dan bagian dari kunci keberhasilan untuk lembaga sekolah. Seorang pemimpin juga harus bisa membangun interaksi dengan lingkungan sekolah untuk melancarkan proses pendidikan. Oleh karena itu perlunya sosok pemimpin yang inovatif dalam pendidikan. Pemimpin yang inovatif memiliki passion dia fokus pada hal-hal yang ingin diubah, tantangan-tantangan yang ada, serta strategi untuk menghadapi tantangan-tangangan. Karena kepemimpinan inovatif itu seperti cara baru, praktik baru, ide baru untuk mengembangkan suatu lembaga yang dipimpin. Kepemimpinan inovatif dapat dikatakan kepemimpinan yang efektif yakni kepemimpinan yang menjadi panutan, perintis, penyelaras, dan pembudaya sehingga melahirkan pemimpin yang memiliki prinsip kuat dan berkarakter dan juga dapat meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam dunia pendidikan. Demikian dengan adanya kepemimpinan inovatif suatu lembaga dapat berkembang dan mengarah pada
perubahan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk menjelaskan inovasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam pengembangan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Ponorogo 2) untuk menjelaskan strategi kepemimpinan inovatif kepala sekolah dalam pengembangan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Ponorogo 3) untuk menjelaskan hasil penerapan kepemimpinan inovatif kepala sekolah dalam pengembangan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Yang mana peneliti langsung terjun kelapangan untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah disusun. Dalam pengumpulan data peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) inovasi yang dilaksanakan kepala sekolah yaitu mengaktifkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle. 2) strategi kepemimpinan inovatif yang digunakan ada dua, yaitu strategi fasilitatif dan strategi bujukan. Strategi fasilitatif di SMK Negeri 1 Ponorogo seperti penggunaan peralatan IT. Peralatan IT digunakan untuk pengembangan sistem untuk mengaplikasikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan Learning Management System (LMS). Sedangkan strategi bujukan di SMK Negeri 1 Ponorogo seperti mengubah cara kerja guru dan semua karyawan. Yang awalnya tidak bisa mengaplikasikan Learning Management System (LMS), maka di tuntut untuk bisa mengaplikasikannya. 3) hasil penerapan kepemimpinan inovatif kepala sekolah sangat efektif, berjalan sesuai apa yang direncanakan oleh sekolah. Mencapai hasil yang sangat memuaskan. Hasil yang memuaskan dapat dilihat dari keberhasilan proses pembelajaran melalui Learning Management Sistem (LMS) berbasis Moodle dengan memperoleh pencapaian materi 90%. Dan pencapaian materi dapat dilihat dengan adanya prestasi-prstasi peserta didik SMK Negeri 1 Ponorogo pada saat pembelajaran melalui Learning Management Sistem (LMS) berbasis aplikasi Moodle. Prestasi peserta didik SMK Negeri 1 Ponorogo seperti juara 1 Karya Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tahun 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:48
Last Modified: 06 Dec 2021 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17241

Actions (login required)

View Item View Item