Strategi Asatidz Dalam Pembentukan Karakter Religius Santri Dengan Metode Halaqah Di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo Semen Nguntoronadi Magetan

Ichsan, Yatmul (2021) Strategi Asatidz Dalam Pembentukan Karakter Religius Santri Dengan Metode Halaqah Di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo Semen Nguntoronadi Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317399_YATMUL ICHSAN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ichsan, Yatmul. 2021. Strategi Asatidz Dalam Pembentukan Karakter Religius Santri Dengan Metode Halaqah di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yusmischa Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci: Karakter Religius, Metode Halaqah
Pondok Pesantren merupakan suatu lembaga untuk mempertahankan nilai-nilai keislaman dengan titik berat pada pendidikan. Salah satu yang dipertahankan dalam nilai-nilai keislaman adalah karakter religius. Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo dalam membentuk karakter religius santri melalui metode halaqah. Dalam hal ini, asatidz berupaya untuk menanamkan karakter religius dalam diri santri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana teknik yang digunakan asatidz dalam membentuk karakter religius santri melalui metode halaqah di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang terdapat dalam proses pembelajaran metode halaqah pada pembentukan karakter religius santri di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo? 3) Bagaimana implikasi dari sistem metode halaqah dalam pembentukan karakter religius santri Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo?
Pendekatan dan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research), dengan sifat penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis dalam penelitian ini menggunakan prosedur Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (a) upaya asatidz dalam pembentukan karakter religius santri melalui metode halaqah di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo pada pembelajaran kitab kuning dengan selalu menyisipkan nasehat dan nilai-nilai moral, kata-kata mutiara, dan nasehat-nasehat kepada para santri. (b) Faktor pendukung pelaksanaan pembentukan karakter religius santri di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo yaitu 1) Letak berdirinya Pondok Pesantren Ar- Rohman Tegalrejo, 2) Persiapan asatidz, 3) Kultur Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo, 4) Dukungan santri Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan pembentukan karakter religius santri di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo yaitu 1) Kurangnya penguasaan asatidz dalam menerapkan metode halaqah, 2) Minimnya fasilitas prasarana dalam mendukung aktivitas santri Pondok Pesantren Ar- Rohman. (c) Implikasi dari sistem metode halaqah yaitu 1) Santri tertib dalam melaksanakan peraturan Pondok, 2) Santri lebih menguasai dan mengerti tentang ilmu keagamaan maupun umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:47
Last Modified: 06 Dec 2021 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17240

Actions (login required)

View Item View Item