..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..peran guru dalam meningkatkan hasil belajar melalui metode diskusi pada mata pelajaran ips terpadu di kelas viii mts negeri 3 ponorogo

Nur Afiani, Astin (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..peran guru dalam meningkatkan hasil belajar melalui metode diskusi pada mata pelajaran ips terpadu di kelas viii mts negeri 3 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417003 ASTIN NUR AFIANI TIPS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nur Afiani, Astin, 2021, Peran Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode
Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo, Skripsi.
Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi, IPS Terpadu
Pendidikan pada abad ke-21 menuntut siswa untuk memahami berbagai permasalahan
baru yang ada di dunia nyata. Hasil pendidikan yang diharapkan meliputi pola kompetensi dan
inteligensi yang dibutuhkan untuk berkiprah pada abad ke-21. Pendidikan bukan hanya
menyiapkan masa depan, tetapi bagaimana menciptakan masa depan. Pendidikan harus
membantu perkembangan terciptanya individu yang kritis dengan tingkat kreativitas yang sangat
tinggi. Guru harus bisa memberikan sebuah metode pembelajaran yang dapat memacu semangat
siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran. Sehingga dari kegiatan tersebut dapat berimbas
pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan proses penerapan metode diskusi dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII (2) menjelaskan hasil
penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di
kelas VIII (3) menjelaskan faktor penghambat dan pendukung penerapan metode diskusi dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan metode
penelitian kualitatif. Pengambilan data yang dilaksanakan di MTs Negeri 3 Ponorogo dengan
metode dokumentasi, observasi, dan wawancara yang dilakukan berulang kali digunakan untuk
mendapatkan data yang valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan metode diskusi yang
diterapkan di MTs Negeri 3 Ponorogo mengacu pada model pembelajaran berbasis masalah atau
PBL yang secara umum langkah-langkahnya meliputi (a) orientasi siswa pada masalah (b)
mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar (c) membimbing pengalaman
individual atau kelompok (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya (d) menganalisis dan
mengevaluasi. (2) Dan adapun hasil dari peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di
MTs Negeri 3 Ponorogo yaitu (a) Hasil belajar kognitif atau pengetahuan siswa yang
ditunjukkan dengan nilai terus meningkat. (b) hasil belajar afektif yaitu terdapat perubahan
terhadap sikap siswa yang mendorong untuk bersikap toleransi sosial yang tercermin dalam
kelompok untuk saling membantu dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas, tumbuh saling
menghargai pendapat orang lain. (c) hasil belajar psikomotor siswa begitu aktif dan antusias
dalam pembelajaran baik ketika bertanya, menjawab ataupun menanggapi hasil presentasi dari
kelompok lain. (3) Faktor penghambat dan pendorong dalam penerapan metode diskusi yaitu ada
faktor internal dan eksternal yang berasal dari dalam diri siswa maupun guru baik berasal dari
lingkungan belajar siswa, semangat dan motivasi siswa, sumber belajar dan pengetahuan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:46
Last Modified: 06 Dec 2021 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17238

Actions (login required)

View Item View Item