Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Strategi PAIKEM di Kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo

Kholishoh, Umi (2021) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Strategi PAIKEM di Kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI KHOLISHOH.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kholishoh, Umi. 2021. Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Strategi PAIKEM di Kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurua Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

kata kunci: Upaya guru, Keaktifan siswa, Strategi PAIKEM.
Upaya merupakan suatu usaha atau kegiatan yang mengarahkan tenaga, pikiran untuk mencapai suatu tujuan. Strategi PAIKEM merupakan salah satu strategi yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena dapat memberikan andil yang cukup besar dalam menghadirkan inovasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan di SMAN 1 Jetis, di sana peneliti menemukan masalah yang menarik untuk diteliti yaitu, ternyata guru di SMAN 1 Jetis ini dalam proses pembelajaran PAI menggunakan strategi PAIKEM. Peneliti melihat dari penggunaan strategi tersebut siswa menjadi lebih tertarik untuk memperhatikan serta lebih aktif untuk bertanya karena dirasa penggunaan strategi yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan ini tidak membuat siswa bosan. Penggunaan strategi tersebut dapat menghilangkan rasa bosan dan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar. Jadi, peran guru di sini dalam mendidik siswa sangat berpengaruh pada keaktifan belajar siswa, serta didorong dengan adanya strategi pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, peran guru sangatlah penting dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa melalui strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Jetis.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi strategi PAIKEM dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo. (2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi PAIKEM dalam proses pembelajaran PAI di kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo. (2) Menjelaskan dampak strategi PAIKEM dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verification/penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1) Implementasi strategi PAIKEM dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas XI IPS SMAN 1 Jetis berdasarkan indikator penerapannya yaitu: siswa lebih banyak diberi kesempatan untuk melakukan, mempraktekkan, mengamati serta mampu menarik kesimpulan sendiri, penataan ruang kelas dengan memajangan hasil karya siswa, penataan tempat duduk yang nyaman, menciptakan suasana yang bebas dengan metode yang bervariasi, pemberian tugas dan umpan balik kepada siswa untuk mendorong siswa bereksplorasi, dan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk belajar dengan suasana yang berbeda serta menambah pengetahuan. (2) Faktor pendukung penerapan strategi PAIKEM dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS SMAN 1 Jetis adalah sebagai berikut: kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, adanya motivasi atau dorongan belajar dari guru terhadap siswa, dan didukung adanya sarana dan prasarana yang memadai, kemampuan guru yang kompeten dalam mengajar, sedangkan faktor penghambatnya: guru yang kurang maksimal dalam menggunakan strategi PAIKEM, motivasi yang kurang bisa diterima oleh peserta didik untuk megikuti pembelajaran PAI, adanya peserta didik yang pasif dan alokasi waktu. (3) Dampak strategi PAIKEM dalam meningkatkan keaktifan siswa banyak respon positif serta mampu meningkatkan keaktifan siswa maupun guru, ditinjau dari segi kualitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dinilai cukup baik, ditandai dengan siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran, respon baik ketika penyampaian materi, serta umpan balik yang begitu bagus ketika ada penugasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:34
Last Modified: 06 Dec 2021 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item View Item