..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN CARA SCAN SATU LEMBAR PENUH, LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA TTD DAN STEMPEL, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Konsep Pendidik dan Peserta Didik dalam Surat Ali Imran Ayat 104 Menurut Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Qurthubi

Nurjanah, Siti (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN CARA SCAN SATU LEMBAR PENUH, LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA TTD DAN STEMPEL, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Konsep Pendidik dan Peserta Didik dalam Surat Ali Imran Ayat 104 Menurut Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Qurthubi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316148 SITI NURJANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurjanah, Siti. 2021. Konsep Pendidik dan Peserta Didik dalam Surat Ali Imran Ayat 104 Menurut Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Qurthubi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I
 
Kata Kunci: Pendidik, Peserta Didik, Pendidikan Islam, Tafsir Ibn Katsir, Tafsir Al-Qurthubi
 
Pentingnya peran pendidik dan peserta didik dalam proses pendidikan Islam serta pengajaran berdasarkan nilai-nilai al-Qur’an, melihat kemajuan teknologi serta pola pikir antar peran pendidik dan peserta didik di zaman modernitas ini mendorong penulis untuk melakukan kajian penelitian tentang konsep pendidik dan peserta didik. Maka dari itu diperlukan sebuah contoh implementasi konsep pengajaran dari Surat Ali Imran Ayat 104 yang membawa pesan tersirat mengenai cara pengajaran yang baik dengan ajaran amar ma’ruf nahi munkar berdasarkan konsep tafsir Ibnu Katsir dan Imam Al-Qurthubi.
Dalam skripsi ini penulis melakukan pembahasan terhadap tiga pokok permasalahan yang bertujuan mendeskripsikan konsep pendidik dan peserta didik dalam Surat Ali Imran Ayat 104 menurut Tafsir Ibnu Katsir, mendeskripsikan konsep pendidik dan peserta didik dalam Surat Ali Imran Ayat 104 menurut Tafsir al-Qurthubi sekaligus mendeskripsikan hasil komparasi konsep pendidik dan peserta didik dalam Surat Ali Imran Ayat 104 menurut Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir al-Qurthubi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data content analysis (analisis isi), yaitu penelitian mendalam terhadap suatu informasi. Jenis penelitianya menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research), atau jenis penelitian dengan tujuan untuk menemukan solusi berbasis pada telaah kritis serta mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang sesuai. Dalam penelitian ini digunakan dua sumber utama, yakni kitab tafsir Ibnu Katsir dan al-Qurthubi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ibnu Katsir menyatakan pendidik merupakan seorang subjek utama dalam optimalisasi penyampaian informasi dengan berbagai metode pengajaran. Peserta didik adalah pihak yang diharapkan mampu meneladani pendidik. (2) Menurut Imam al-Qurthubi pendidik adalah manusia yang alim serta mukallaf, dan peserta didik merupakan manusia dengan akal sehat, beretika, dan pengetahuan yang luas sehingga bisa menangkap pelajaran dari pendidik. (3) Perbedaan konsep pendidik dan peserta didik dalam kajian surat Ali Imran 104 menurut Ibnu Katsir dan Imam Al-Qurthubi adalah pada porsi metode pengajaranya. Ibnu Katsir berpendapat bahwa pendidik menjadi subjek penyampaian informasi yang diharuskan menguasai metode pendidikan sehingga peserta didik seakan pasif. Sedangkan menurut Imam al-Qurthubi bukan saja pendidik harus alim, namun peserta didik juga harus diimbangi dengan etika dan akal sehat. Persamaan dari keduanya adalah substansinya, sama-sama mengartikan pendidik dan peserta didik adalah memaksimalkan potensi demi tujuan dunia akhirat yang berorientasi pada ketaqwaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:32
Last Modified: 06 Dec 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17229

Actions (login required)

View Item View Item