..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar

Cahyono, Aris (2020) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Aris Dwi Cahyono_210613162.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cahyono, Dwi, Aris, 2020. Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mengembangkan
Sikap Disiplin Siswa MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing:
Ali Ba’ul Chusna, M.SI.
Kata kunci: Budaya Sekolah, Sikap Disiplin Siswa
Setiap sekolah atau madrasah memiliki budaya masing-masing dalam usaha
untuk meningkatkan sikap disiplin, walaupun terlihat sama namun aplikasi yang
berbeda diterapkan di setiap sekolah. Ini menghasilkan output yang berbeda pula.
Begitupula yang terjadi di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman
Ponorogo. Dimana implementasi budaya sekolah ala pesantren yang menekankan
pada disiplin ketat yang dilakukan secara terus-menerus dan kontinyu berdampak
pada pengembangan sikap disiplin siswa. Tujuan peneliti ini adalah: (1) Untuk
mengetahui budaya sekolah yang berjalan di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah
Ngabar Siman Ponorogo. (2) Untuk mengetahui tingkat disiplin siswa MI Mamba’ul
Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. (3) Untuk mengetahui dampak
implementasi budaya sekolah dalam mengembangkan sikap disiplin siswa MI
Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang
memiliki karakteristik alami sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses
diutamakan daripada hasil. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan
tindakan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi, sedangkan peneliti sebagai instrumen kecil. Sedangkan untuk teknik
analisis data dengan mengorganisasi data, menjabarkan dalam unit-unit, melakukan
sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan akan dipelajari dan
membuat kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat diketahui, budaya sekolah di MI Mamba’ul Huda
Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo berakar pada budaya pesantren, yang mana
mengedepankan pengembangan spiritual dan emosianal tanpa mengesampingkan
intelektual serta disiplin yang ketat. Yang mana hal ini berdampak pada tingkat
kedisiplinan siswa. baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:30
Last Modified: 03 Dec 2021 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item View Item