Pengasuhan Anak Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Pasangan Guru Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak)

Ar Rozy, Jamil (2021) Pengasuhan Anak Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Pasangan Guru Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PENGASUHAN ANAK DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengasuhan Anak, Keluarga Sakinah
Pengasuhan anak merupakan kewajiban setiap orangtua. Dalam membentuk kepribadian anak atau keluarga diperlukan beberapa pola asuh dan model dalam pengembangannya. Tentunya orangtua harus aktif menjalankan perannya, meskipun keduanya sama-sama memiliki pekerjaan di luar rumah. Kenyataannya terdapat pasangan suami istri yang sama-sama memiliki pekerjaan, sehingga keduanya harus menjalankan peran ganda. Namun, kedua orang tua tersebut hendaknya mampu berperan seimbang, sehingga dapat mewujudkan keluarga yang sakinah. Oleh karena itu, setiap pasangan suami istri harus mengetahui pola asuh yang tepat, agar mampu mencapai keseimbangan di tempat kerja dan di rumah. Sehingga, harapannya bagi pasangan suami istri yang memiliki peran ganda mampu menciptakan keluarga sakinah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran pola asuh anak, model pengasuhan anak, implikasi pengasuhan anak dalam keluarga sakinah bagi pasangan guru di lembaga formal Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan model penelitian studi kasus. Sedangkan teknis analisis data menggunakan konsep Mathew B. Miles dan Michael Hubberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triangulasi. Dan kesimpulan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Gambaran keenam keluarga ketika menerapkan pola asuh anak dalam keluarga sakinah di lembaga formal pondok pesantren Darul Huda Mayak, diantaranya: Pertama, ditemukan 1 keluarga pada golongan sakinah I dengan menerapkan pola asuh Authoritative. Kedua, ditemukan 1 keluarga berada pada golongan sakinah II, dan Ketiga, ditemukan 4 keluarga berada pada golongan sakinah III dengan menerapkan pola asuh Authoritative. Model pengasuhan anak bagi pasangan guru di lembaga formal pondok pesantren Darul Huda Mayak dalam pembentukan keluarga sakinah yaitu dengan menggunakan pengasuhan berbasis keluarga yang didalamnya berbasis keluarga Batih,atau pola pengasuhan oleh pengasuh alternatif yakni dengan berbasis keluarga rewang. Implikasi pengasuhan anak dalam keluarga sakinah bagi pasangan guru di lembaga formal pondok pesantren Darul Huda Mayak memiliki dampak diantaranya: Adanya pemahaman yang kuat dalam berkeluarga dengan menerapkan komunikasi yang baik dan seirama walaupun terkadang sering terjadi perbedaan. Anak merasa aman dan terlindungi, dan anak merasakan perilaku baik dari orang disekitarnya, selanjutnya anak menjadi lebih mandiri, terkadang pemikirannya seperti orang dewasa, dan anak akan selalu terbuka kepada kedua orang tuanya. Hal tersebut dapat menigkatkan rasa percaya diri dan sangat berdampak terhadap terbentuknya keluarga yang sakinah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:29
Last Modified: 03 Dec 2021 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17205

Actions (login required)

View Item View Item