Upaya Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Metode Punsihment di SMPN 1 Sambit Ponorogo

Rahmayanti, Hesti Seviana (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Metode Punsihment di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HESTI SEVIANA R PAI.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Seviana Rahmayanti, Hesti. 2021. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Metode Punishment di SMPN 1 Sambit Ponorogo, Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.

Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Kedisiplinan Siswa, Punishment.

Disiplin merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Pasalnya disiplin dalam mengikuti pembelajaran di sekolah sangatlah diperlukan, karena akan memberikan pengaruh pada hasil belajar yang diperoleh siswa yang kelak dibutuhkan untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki dan kelak dapat digunakan untuk menunjang kesuksesan mereka di masa depan. Namun sangat disayangkan siswa di SMPN 1 Sambit masih ditemukan beberapa siswa yang melakukan pelanggaran. Maka untuk meningkatkan kedisiplinan siswa memerlukan suatu metode yang tepat. Salah satunya metode yang dapat digunakan yaitu metode punishment.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan upaya guru pai untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui metode punishment. 2) Mendeskripsikan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dapat meningkatkan kedisiplinan siswa yang dilaksanakan guru PAI dengan menerapkan metode punishment SMPN 1 Sambit Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data peneliti melakukan wawancara dengan guru PAI, waka kesiswaan, guru BK dan siswa, selebihnya berasal dari observasi dan dokumentasi dari SMPN 1 Sambit. Teknik analisis data yang digunakan adalah konsep dari Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Upaya guru PAI untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui punishment di SMPN 1 Sambit dilakukan apabila siswa melakukan pelanggaran yang mencolok. Adapun penerapan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan siswa diberikan saat proses pembelajaran berlangsung dan siswa melakukan pelanggaran maka saat itu juga punishment diberikan. punishment yang diberikan bertujuan untuk membangun kedisiplinan siswa bukan untuk melukai fisik siswa. 2) Dengan adanya faktor penghambat dan faktor pendukung meningkatkan kedisiplinan siswa yang diketahui oleh guru PAI di SMPN 1 Sambit, maka guru menerapkan punsihment untuk siswa agar siswa dapat menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini dan siswa lebih aktif lagi untuk mencari solusi dari kendala yang terjadi tidak hanya pasrah dan akhirnya siswa menyepelekan pentingnya disiplin, karena sebelumnya guru selalu memberikan perpanjangan waktu serta solusi dari kendala yang mereka hadapi. Selain itu guru PAI di SMPN 1 Sambit menerapkan punishment ini untuk mengontrol tingkah laku siswa agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan, karena saat siswa melakukan pelanggaran dan tidak ditindak lanjuti atau dibiarkan saja, siswa akan cenderung menyepelekan dan akan mengulangi kesalahan mereka kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:53
Last Modified: 02 Dec 2021 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item View Item