Tinjauan Hukum Islam Terhadap Gadai Tanah Di Dusun Dongmaron Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Azizah, Siti Nur (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Gadai Tanah Di Dusun Dongmaron Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Siti Nur Azizah, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Gadai Tanah di Dusun Dongmaron Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.Skripsi.Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I

Kata Kunci/keyword:Hukum Islam, Gadai, Tanah.
Sebagaimana dalam kegiatan mu’amalah sehari-hari, agama Islam juga mengajarkan kepada umatnya untuk saling tolong-menolong.Bentuk tolong-menolong itu bisa berupa pemberian dan juga bisa berupa pinjaman.Atau biasa nya disebut dengan gadai (rahn).Seperti hal nya praktek gadai yang dilaksanakan di Dusun Dongmaron Desa Karangpatihan.Kasus gadai tanah di Dusun Dongmaron yaitu pihak rāhin mendatangi murtahin dengan maksud untuk menggadaikan tanahnya.Di mana mayoritas masyarakat di Dusun Dongmaron ini menggadaikan tanahnya tanpa adanya jangka waktu. Namun tidak hanya itu, hak pakai dari tanah jaminan dan juga hasil dari panen tanah jaminan menjadi milik murtahin sampai pada saat tanah itu ditebus kembali oleh rāhin dengan cara melunasi utangnya. Kejelasan dalam hal ini perlu diteliti karena mengingat pentingnya kejelasan hukum dalam Islam agar praktek akad gadai tidak melenceng dari hukum Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad gadai tanah di Dusun Dongmaron Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo? (2)Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan barang gadai tanah di Dusun Dongmaron Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah metode observasi dan metode interview. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad gadai tanah yang terjadi di Dusun Dongmaron Desa Karangpatihan menurut hukum Islam dapat dikatakan bahwa akad yang dilakukan telah memenuhi rukun dan syarat dari akad tersebut.Sedangkan untuk penyelesaian akad gadai melalui jual beli dengan kesepakatan sepihak itu tidak diperbolehkan menurut hukum Islam.Adapun mengenai boleh tidaknya marhūn diambil manfaatnya, beberapa ulama berbeda pendapat. Menurut ulama H{anafiy>ah dan Shafi>’i>yah bahwa pemanfaatan marhun tersebut diperbolehkan apabila sudah ada kesepakatan dan izin antara kedua belah pihak. Dalam hal ini pemanfaatan gadai tanah yang ada di Dusun Dongmaron Desa Karangpatihan diperbolehkan karena sudah mendapat izin dari kedua belah pihak dan sudah menjadi adat kebiasaan bahwa apabila mereka akan melakukan gadai tanah, maka tanah tersebut akan dimanfaatkan oleh murtahin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:26
Last Modified: 02 Dec 2021 04:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17198

Actions (login required)

View Item View Item