Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMPN 2 Babadan Tahun Pelajaran 2020/2021

Latifah, Yunita Mufatihatul (2021) Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMPN 2 Babadan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULLTEXT_YUNITA MUFATIHATUL LATIFAH.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Latifah, Yunita Mufatihatul. 2021. Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMPN 2 Babadan Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Prestasi Belajar.
Dalam proses pembelajaran tentu yang diharapkan adalah prestasi belajar yang dicapai oleh siswa, yang akan menggambarkan keberhasilan dan kesuksesan siswa dalam pembelajaran. Ada 2 faktor yang mempengaruhi belajar siswa yakni faktor intern dan faktor ekstern. Adapun faktor intern yakni sesuatu hal yang disebabkan dari diri siswa meliputi kesehatan jasmani, psikologi, dan kelelahan. Sedangkan faktor ekstern yakni sesuatu yang berasal dari luar meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan sosialnya. Dalam pembelajaran materi PAI kelas VII di SMPN 2 Babadan ditemui beberapa siswa yang mendapatkan nilai setara dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Padahal dalam menyampaikan materi guru sudah menyampaikan materi secara keseluruhan dan mendalam. Setiap siswa juga sudah mempunyai buku paket dan buku pendamping yang difasilitasi dari sekolah. Akan tetapi masih ada sekitar 25% siswa masih mendapat nilai setara dengan kriteria minimal. Hal ini membuktikan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Siswa kelas VII SMP berada pada usia remaja awal, yang mana teman sebaya mempunyai peranan penting bagi remaja. Remaja sering menempatkan teman sebaya dalam prioritas apabila dibandingkan dengan orang tua. Oleh karena itu siswa cenderung lebih percaya terhadap temannya, apabila teman yang dipilih dapat membawa dampak negatif terhadap anak dalam kegiatan belajar maka akan menyebabkan menurunnya prestasi belajarnya. Maka dari itu ketika anak di rumah orang tua harus memberikan bimbingan kepada anaknya agar tidak salah dalam bergaul serta senantiasa menemani anak dalam kegiatan belajar dirumah.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Babadan, (2) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Babadan, (3) pengaruh bimbingan orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Babadan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh kelas VII SMPN 2 Babadan yang berjumlah 82 siswa, teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simple random sampling, diperoleh sampel sebanya 68 siswa. instrumen pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VII SMPN 2 Babadan tahun Pelajaran 2020/2021. Dengan besar pengaruhnya 17,4% dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VII SMPN 2 Babadan tahun Pelajaran 2020/2021. Dengan pengaruhnya sebesar 25,4% dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VII SMPN 2 Babadan tahun Pelajaran 2020/2021. Dengan besar pengaruhnya 28,5% dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:33
Last Modified: 02 Dec 2021 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17196

Actions (login required)

View Item View Item