Peran Ibu Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Di Dusun Sambirobyong Desa Klitik Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi

Sholihah, Ulfa Yuliatus (2021) Peran Ibu Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Di Dusun Sambirobyong Desa Klitik Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211517032_Ulfa Yuliatus Sholihah_BPI (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran Ibu Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Di Dusun Sambirobyong Desa Klitik Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Muhammad Nurdin, M.Ag.
Kata Kunci: Peran Ibu, Karakter Disiplin Anak
Suri tauladan merupakan kurikulum yang diamanahkan Allah swt kepada sosok manusia yaitu nabi Muhammad saw agar memberi contoh kepada umatnya. Ibu merupakan penanggung jawab utama terhadap pendidikan baik mendidik akhlak maupun kepribadian mereka. Sebab ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anak mereka. Karena sifat-sifat ini bukan hanya dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat saja akan tetapi sangat dominan dilingkungan rumah atau keluarganya.Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui peran ibu dalam membentuk kedisiplinan anak di Dusun Sambirobyong Klitik Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. (2) Mengetahui cara ibu dalam membentuk karakter disiplin dalam pembentukan karakter anak di Dusun Sambirobyong Klitik Geneng Ngawi (3) Untuk mengetahui hasil pembentukan karakter disiplin yang ditanamkan oleh ibu dalam mendidik anak di Dusun Sambirobyong Desa Klitik Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang menghasilkan catatan lapangan mengenai peran ibu dalam membentuk karakter disiplin anak. Mengambil 10 sampel ibu yang sesuai dengan kriteria. Pemilihan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan kualifikasi yang diinginkan penulis, yakni seorang ibu yang memiliki anak usia remaja awal. Data dianalisis dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yang memungkinkan penarikan simpulan dan dicek keabsahannya menggunakan tehnik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ibu dalam membentuk karakter disiplin anak sangatlah penting yang mana pembentukan karakter anak harus dimulai sejak dini mungkin bahkan sejak dalam kandungan. Cara membentuk karakter adalah membiasakan anak melakukan hal-hal yang baik,memberikan contoh teladan yang baik dan menggunakan bahasa yang sopan ketika sedang berbicara dihadapan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:20
Last Modified: 02 Dec 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17189

Actions (login required)

View Item View Item