...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Pengembangan Usaha "Kopi Ndusun" Melalui Program Bunda Mandiri Sejahtera di LAZ Yatim Mandiri Ponorogo

AZHARI, RIZKY AFIF (2021) ...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Pengembangan Usaha "Kopi Ndusun" Melalui Program Bunda Mandiri Sejahtera di LAZ Yatim Mandiri Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Pengembangan Usaha Kopi Ndusun Melalui Program Bunda Mandiri Sejahtera di LAZ Yatim Mandiri Ponorogo

ABSTRAK

Yatim Mandiri Ponorogo merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat resmi dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satunya yaitu Progam Pendayagunaan yang pemilihan atas kreteria Bunda yang dilakukan oleh pihak Yatim Mandiri masuk dalam golongan 8 Asnaf, sehingga tujuan pengelolaan zakat pada progam tersebut apakah sesuai dengan tujuan pengelolaan zakat yaitu kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.
Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan 3 (tiga) masalah yang meliputi Bagaimana analisis perencanaan penentuan mustahiq di LAZ Yatim Mandiri Ponorogo, Bagaimana analisis pengembangan usaha Kopi Ndusun melalui program Bunda Mandiri Sejahtera di LAZ Yatim Mandiri Ponorogo, dan Bagaimana analisis implikasi dalam pengembangan usaha Kopi Ndusun melalui program Bunda Mandiri Sejahtera di LAZ Yatim Mandiri Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif, yaitu suatu cara yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dengan bertitik tolak dari pengamatan atas masalah yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan secara umum.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Pendayagunaan zakat Yatim Mandiri Ponorogo lebih menekankan kepada asnaf miskin dari delapan asnaf, karena orang yang di katakan miskin karena bunda yang sudah berusaha semaksimal mencari penghasilan namun masih belum bisa mencukupi kebutuhan keluarga yang berhak menerima zakat 2). Analisa pengembangan usaha Kopi Ndusun” melalui program Bunda Mandiri Sejahtera di LAZ Yatim Mandiri Ponorogo telah menggunakan proses analisa pendayagunaan dengan benar yakni dengan memperhatikan persiapan tim, isosialisasi, rekrutmen peserta, pendayagunaan peserta strategi peserta. Sehingga sesuai dengan tujuan utama LAZ Yatim Mandiri adalah untuk menjadikan Bunda Mandiri Sejahtera perubahan status mustahiq menjadi muzzaki .3). Dampak yang dirasakan oleh bunda Yatim Mandiri, yang pertama dampak positif yaitu meningkatkan skill bunda dan menambah pengalaman mereka dalam berwirausaha dalam proses pembuatan kopi dan membantu mensejahterakan keluarga dalam memenuhi biaya sekolah anaknya sedangkan untuk dampak negatifnya adalah menunggu terlalu lama untuk mengambil hasilnya, sehingga bunda tidak bisa melakukan pemanfaatan hasil secara langsung kecuali untuk anak mereka sekolah padahal bunda sangat membutuhkan hasil dari “kopi Ndusun” ini tersendiri.

Kata Kunci: Pendayagunaan Zakat Produktif, Pengembangan Usaha, Program Bunda Yatim Mandiri

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AJI DAMANURI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:19
Last Modified: 02 Dec 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17188

Actions (login required)

View Item View Item