..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan Metode Distance Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI Ma'arif Mayak Tahun Pelajaran 2020/2021

Muthmainnah, Siti (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan Metode Distance Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI Ma'arif Mayak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617044_SITI MUTHMAINNAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muthmainnah, Siti. 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Distance Learning (Belajar Jarak Jauh) terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI Ma’arif Mayak Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Distance Learning, Minat Belajar
Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat belajar peserta didik adalah kesadaran belajar yang ditunjukkan peserta didik dalam aktivitas belajar atas kemauan sendiri tanpa ada yang menyuruh atau dengan sukarela sehingga peserta didik dapat melakukan usaha belajar dengan sungguh-sungguh. Minat belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi jasmaniah dan psikologi. Selain faktor internal ada juga faktor eksternal yaitu faktor minat dari keluarga dan sekolah. Faktor keluarga meliputi cara mendidik orang tua, relasi antar anggota keluarga dan juga keadaan ekonomi keluarga, sedangkan faktor sekolah meliputi metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan peserta didik, dan sarana prasarana sekolah. Salah satu faktor yang peneliti gunakan untuk penelitian ini adalah faktor eksternal berupa faktor dari sekolah yaitu metode mengajar. Metode mengajar yang tepat dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Minat belajar siswa MI Ma’arif Mayak pada pelajaran aqidah akhlak berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan kurang terlalu baik, ditandai dengan pengumpulan tugas yang tidak tepat waktu dan daftar absensi yang tidak lengkap. Dengan meneliti minat belajar akan diketahui seberapa besar antusias peserta didik mengikuti pembelajaran, dan seberapa berhasil proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Distance learning adalah suatu metode pembelajaran yang proses pembelajarannya tidak melakukan tatap muka secara langsung antara peserta didik dengan pengajar, dan komunikasi yang dilakukan secara dua arah melalui media seperti komputer, televisi, radio, telephon, internet, video, dan sebagainya. Metode belajar ini dapat dilakukan di rumah dengan mengadakan kerjasama antara guru dan orang tua peserta didik dalam menumbuhkan minat belajar siswa.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) mengetahui penggunaan metode distance learning; (2) mengetahui minat belajar siswa; (3) mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan metode distance learning terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan populasi kurang dari 100 responden sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis, peneliti menggunakan angket (kuesoner) dengan skala likert yang diberikan kepada seluruh siswa kelas IV A, B, C, dan D MI Ma’arif Mayak. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan alat bantu berupa SPSS 24.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) penggunaan metode distance learning di MI Ma’arif Mayak termasuk dalam kategori sedang dengan prosentase sebesar 68,04%. 2) Minat belajar siswa di MI Ma’arif Mayak termasuk dalam kategori sedang dengan prosentase sebesar 64,80%. 3) Ada pengaruh penggunaan metode distance learning terhadap minat belajar aqidah akhlak dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,968 dengan garis persamaan regresi Y = a + bx = 31,667 + 1,968x.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:26
Last Modified: 01 Dec 2021 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item