..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Kurikulum Pada Kondisi Khusus Dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Ma'arif 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Chandra, Agni Tyas Nursata (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Kurikulum Pada Kondisi Khusus Dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Ma'arif 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317052 AGNI TYAS NURSATA CHANDRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tyas Nursata Chandra, Agni. 2021. Pengaruh Kurikulum pada Kondisi Khusus dan Peran Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Ma’arif 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Sugiyar, M.Pd.I.

Kata Kunci : Kurikulum pada Kondisi Khusus, Peran Guru, Hasil Belajar Siswa

Untuk mencapai hasil belajar yang optimal harus mengacu pada kurikulum yang merespons kehidupan yang semakin maju dan dunia pendidikan yang maksimal, apabila didukung oleh guru profesional dibidangnya. Pada saat pandemi dibutuhkan kurikulum pada kondisi khusus, karena kurikulum nasional dirancang untuk kondisi normal, sehingga guru paling besar pengaruhnya dalam keberhasilan pelaksanaan kurikulum, terutama guru PAI sangat berpengaruh dalam mewujudkan hasil belajar siswa yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kurikulum pada kondisi khusus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 5 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021, 2) mengetahui pengaruh peran guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 5 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021, 3) mengetahui pengaruh kurikulum pada kondisi khusus dan peran guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 5 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini tergolong kuantitatif kausal dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 36 siswa SMP Ma’arif 5 Ponorogo dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian asumsi klasik dilakukan dengan uji normalitas, linieritas, autokorelasi, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) ada korelasi kurikulum pada kondisi khusus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 5 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 karena nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 dan nilai rhitung = 0,642 > rtabel = 0,329; 2) ada korelasi peran guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 5 Ponorogo tahun 2020/2021 karena nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 dan nilai rhitung = 0,681 > rtabel = 0,329; 3) ada korelasi kurikulum pada kondisi khusus dan peran guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 5 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 karena nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 20,310 > Ftabel = 3,28.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:25
Last Modified: 01 Dec 2021 04:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17165

Actions (login required)

View Item View Item