IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS IX H MTS DARUL HUDA MAYAK

Ridwan, Ridwan (2021) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS IX H MTS DARUL HUDA MAYAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi ridwan 210317046.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Ridwan. 2021. Implementasi Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas IX H MTs Darul Huda Mayak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Negeri Islam Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni.M.Pd.

Kata Kunci: Fikih, Metode Role Playing, Keaktifan dan Hasil Belajar

Mata pelajaran Fikih merupakan mata pelajaran yang penting difahami dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi di dalam penyampaianya masih banyak yang belum difahami siswa. Seperti halnya guru menggunakan metode yang monoton, maksudnya tidak semua guru Fikih menggukan metodeyang bervariasi, terjadi penurunan minat siswa dalam belajar, akhirnya siswa yang malas menjadi sangat malas dan siswa yang aktif menjadi malas, serta terdapatnya penurunan nilai pada mata pelajaran fikih, dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap materi. Oleh karena itu, dimunculkan metode Role Playing dalam proses pembelajaran yang menekankan aspek keaktifan. Jika peserta didik aktif dalam pembelajaran, maka akan mudah mewujudkan suatu kefahaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1), untuk mengetahui apakah penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IX H MTs Darul Huda Mayak dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran Fikih. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode Role Playing pada pelajaran Fikih di kelas IX H MTs Darul Huda Mayak.
Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas individual, maksudnya peneliti memiliki dua tugas yaitu sebagai peneliti sendiri dan sebagai guru secara penuh. Alur Penelitian Tindakan Kelas ini, menggunkan model Kemmis dan Mc Taggart, yang berisi alur penelitian yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Selain itu, pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi dan ujian tulis.
Hasil dari penelitian ini adalah, proses pembelajaran menggunakan metode Role Playing di kelas IX H pada mata pelajaran Fikih mengalami perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Hal ini diketahui dari analisis siklus I dan II yang telah dilakukan, yaitu (1) dalam hal keaktifan pada siklus I, pada predikat kurang yang mulanya 17.86% mejadi 0 %, pada predikat baik, yang awalnya 60.71% menjadi 35.71%, pada predikat baik sekali, yang awalnya 21.43% menjadi 64.29%. (2) pada hasil belajar, pada siklus I adalah 71.43% menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fikih dengan menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa siswa kelas IX H MTs Darul Huda Mayak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:06
Last Modified: 01 Dec 2021 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item