konsep pendidikan anak dalam keluarga pada tafsir al mishbah surat al luqman ayat 12-19 dan relevansinya di masa pandemi covid-19

Jazila, Romza (2021) konsep pendidikan anak dalam keluarga pada tafsir al mishbah surat al luqman ayat 12-19 dan relevansinya di masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ROMZA JAZILA (210316363) SKRIPSI_.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Jazila, Romza. 2021. Konsep Pendidikan Anak Dalam
Keluarga Pada Tafsir Al Mishbah Surat Al Luqman Ayat
12-19 Dan Relevansinya Di Masa Pandemi Covid-19.
Skripsi. Jurusan Pendidkan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro,
M.Pd.I
Kata Kunci : Pendidikan anak, pandemi covid-19,
tafsir al Misbah surat Luqman ayat 12-
19
Pendidikan anak dalam keluarga menjadi hal yang
penting untuk tumbuh kembang kehidupan anak, dimana
keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi
anak. Hikmah Luqman dalam al Qur’an menjadi teladan
bagi orang tua dalam mendidik anak di lingkungan
keluarga. Pada era pandemi covid-19 memberikan
tantangan baru bagi orang tua dalam memberikan
pendidikan anak, sehingga perlu adanya sebuah kajian
mengenai pendidikan anak dalam keluarga dengan
keteladan hikmah Luqman pada surat Luqman 12-19,
viii
dengan mengkaji tafsir al Mishbah dan relevansinya
di masa pandemi covid-19. Penulisan ini merumuskan
masalah penelitian dan bertujuan untuk mengetahui :
Bagaimana konsep pendidikan anak dalam keluarga pada
surat Lukman ayat 12-19 menurut tafsir al Mishbah di
masa pandemi Covid-19 ?
Penulisan ini merupakan jenis penelitian kajian
pustaka (library research) dengan mengkaji data melalui
naskah-naskah atau buku-buku yang bersumber dari
khazanah kepustakaan. Penulis berusaha mengkaji
pendidikan anak dalam keluarga pada tafsir al Mishbah
surat Luqman ayat 12-19. Teknik pengumpulan data pada
penulisan ini dengan menghimpun data-data yang berasal
dari buku-buku dokumen, dan yang menjadi sumber
primer pada penulisan ini buku tafsir al Mishbah
pemikiran M. Quraish Shihab. Analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi (content
analysis), merupakan analisis data yang mendasarkan
pada isi dari data deskriptif.
Pada penulisan ini penulis menemukan jawaban dari
rumusan masalah, yaitu : 1. Konsep pendidikan anak
dalam keluarga pada surat Lukman ayat 12-19 menurut
ix
tafsir al Mishbah yaitu pendidikan tahuhid dan bersyukur,
berbakti kepada kedua orang tua, pendidikan ibadah dan
mar ma’ruf nahi mungkar, dan pendidikan akhlak
(bersabar, tidak sombong, sederhana dalam berjalan dan
berbicara). 2. Relevansi konsep pendidikan anak dalam
keluarga pada tafsir al Mishbah surat Luqman ayat 12-19
di masa pandemi covid-19, yakni : a) orang tua menjadi
garda terdepan dalam penanaman nilai tauhid, seperti
bahwa covid-19 merupakan kehendak Allah, b) pandemi
membuat anak lebih banyak di rumah maka membantu
orang tua dapat menanamkan rasa bakti dan kasih sayang
kepada orang tua, c) era pandemi berdampak pada
liburnya sekolah sehingga orangtua hendaknya
memberikan pendampingan dalam belajar, ibadah, untuk
menanamkan pendidikan ibadah, d) pandemi memberikan
dampak pula pada segi sosial dan ekonomi, dengan
mengajarkan anak untuk saling berbagi dan menghormati
sesaman dapat menumbuhkan pendidikan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:11
Last Modified: 01 Dec 2021 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17152

Actions (login required)

View Item View Item