Tinjauan Maslahah Mursalah Terhadap Pembagian Waris Di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun

Yuliansyah, Wasis Prabowo (2021) Tinjauan Maslahah Mursalah Terhadap Pembagian Waris Di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi - Wasis Prabowo terbaru A4 etesis BARU (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Wasis, Prabowo Yuliansyah. 2021, Tinjauan Maslahah MursalahTerhadap Pembagian Waris Di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yudhi Achmad Bashori, M.H.I.

Kata Kunci/keyword: Maslahah Mursalah, Waris, Sengketa Waris.
Hukum waris adalah hukum yang mengatur perpindahan hak kepemilikan peninggalan pewaris. Sebagaimana Islam mengakui berpindahnya sesuatu yang dimiliki oleh seseorang semasa hidupnya kepada ahli waris sesudahnya pewaris meninggal dunia. Akan tetapi dalam praktik kewarisan yang terjadi di Desa Pucangrejo penentuan ahli waris dan penyelsaian sengketa waris dilakukan menurut hukum adat yaitu yang menjadi ahli waris hanya keluarga terdekat dan apabila terjadi sengketa waris dilakukan dengan cara bermusyawarah, yang selanjutnya ditinjau dari maslahah mursalah.
Maslahah mursalah adalah sesuatu yang baik menurut akal dengan pertimbangan dapat mewujudkan kebaikan atau menghindarkan keburukan bagi manusia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik hukum adat yang dilakukan apakah sudah sesuai konteks maslahah mursalah yaitu yang bisa memberikan manfaat dan menolak kemudharatan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan maslahah mursalah terhadap penentuan Ahli Waris masyarakat di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun ? (2) Bagaimana tinjauan maslahah mursalah terhadap penyeleseian sengketa waris masyarakat di Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun ?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan metode induktif yaitu pembahasan yang diawali dengan menggunakan data kenyataan-kenyataan yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman nyata (ucapan, perilaku, siuasi di lapangan penelitian).
Kesimpulan akhirdari penelitian ini adalah praktik kewarisan yang terjadi menggunakan hukum adat, dimana penentuan ahli warisnya hanya anak-anaknya saja yang dirasa lebih adil karena seorang anak lebih berjasa dalam merawat orang tuanya. Hal itu sesuai dengan konteks maslahah mursalah dalam bentuk maslahah al-mula’imah yaitu meskipun tidak terdapat nash tertentu tetapi sesuai dengan tujuan syara’ dalam lingkup umum dengan mengutamakan kemaslahatannya, yaitu lebih mengutamakan terpenuhinya rasa keadilan daripada akan terjadi suatu perselisishan karena tidak terpenuhi rasa keadilannya.Sedangkan penyeleseian sengketanya menggunakan musyawarah yang telah mereka sepakati sendiri. Hal itu juga sesuai dengan konteks maslahah al-mula’imah, bahwa penyesaian sengketa waris dapat dilakukan dengan adanya kesepakatan pihak yang bersengketa yang bertujuan lebihmengutamakan perdamian dan rasa kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2021 05:19
Last Modified: 30 Nov 2021 05:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17137

Actions (login required)

View Item View Item