Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 Untuk Menanamkan Nilai Tanggung Jawab Pada Siswa Di Min 2 Ponorogo Pada Masa Pandemi

MUSAROFAH, MUSAROFAH (2021) Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 Untuk Menanamkan Nilai Tanggung Jawab Pada Siswa Di Min 2 Ponorogo Pada Masa Pandemi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617181 MUSAROFAH SKRIPSI PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Musarofah. 2021. Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 untuk Menanamkan Nilai Tanggung Jawab pada Siswa di MIN 2 Ponorogo pada Masa Pandemi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M. Pd.

Kata Kunci: Pemanfaatan Literasi, Menanamkan, Nilai Tanggung Jawab.
Adanya pandemi Covid-19, lembaga pendidikan mengadakan kegiatan pembelajaran dengan daring, Begitu pula MIN 2 Ponorogo dalam menghadapi masa pandemik covid-19, MIN 2 Ponorogo juga menggunakan pembelajaran daring. Banyak siswa yang kesulitan dalam proses pembelajaran. Sebab, usia SD/MI belum sepenuhnya bisa mengaplikasikan handpone dan banyak juga dari mereka yang belum memiliki handpone, baik dari pihak orang tua maupun siswanya sendiri. Akibatnya, banyak siswa dalam proses pembelajaran daring ini yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Maka dari itu, perlunya penanaman nilai tangung pada diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran tematik kelas 5 untuk menanamkan nilai tanggung jawab sosial siswa di MIN 2 Ponorogo, (2) mengetahui pemanfaata literasi dalam pembelajaran tematik kelas 5 untuk menanamkan nilai tanggung jawab moral siswa di MIN 2 Ponorogo, (3) mengetahui pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran tematik kelas 5 untuk menanamkan nilai tanggung jawab personal siswa di MIN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriprif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat diketahui bahwa: (1) Pemanfaatan literasi digital untuk menanamkan nilai tanggung jawab sosial yang tertanam dalam diri siswa adalah memiliki tekad menjadi terbaik dari yang baik, nilai disiplin, belajar dalam kondisi apapun, tekun dan rajin dalam berbagai hal, peduli terhadap teman, membantu bencana alam yang terjadi di Indonesia. (2) Pemanfaatan literasi digital untuk menanamkan nilai tanggung jawab moral yang tertanam dalam diri siswa, yaitu siswa ditekankan untuk bersikap jujur dalam mengerjakan tugas, sikap beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dengan ketaatan menjalankan ibadah, berlaku jujur dalam kehidupan sehari-hari, baik kewajiban di sekolah maupun di lingkungan siswa tinggal, taat peraturan yang berlaku, membiasakan salat duha, dan mengucap salam ketika akan mengirim foto atau berkomentar dalam pembelajaran daring. (3) Pemanfaatan literasi digital untuk menanamkan nilai tanggung jawab personal yang tertanam dalam diri siswa antara lain memiliki minat belajar yang tinggi, patuh mengerjakan tugas, aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh guru atau madrasah, saling menghormati dan menghargai sesama, sopan dalam bertutur kata di media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:39
Last Modified: 30 Nov 2021 03:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item