(PERSETUJUAN BELUM ADA STEMPEL..TAMBAHKAN JUGA LEMBAR PENGESAHAN..)Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Mystery Box Perspektif Islam

Rosyid, Moh. Haliimur (2021) (PERSETUJUAN BELUM ADA STEMPEL..TAMBAHKAN JUGA LEMBAR PENGESAHAN..)Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Mystery Box Perspektif Islam. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MOH. HALIIMUR ROSYID 501190015 A5 FULL UPLOAD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Antusiasme masyarakat akan konsumsi mystery box semakin tinggi, terbukti dengan penjualan beberapa toko online yang ribuan barang terjual. Namun, nyatanya banyak yang kecewa dengan barang yang didapatnya karena tidak sesuai ekspektasi. Hal tersebut terlihat dari masifnya penjualan seperti pada toko “Jaya Serba” sebesar 8,800 barang terjual, dan toko “Cebanan Store” sebesar 3.852 barang terjual. Mereka beralasan membeli barang tersebut karena diselimuti rasa penasaran, namun banyak diantara mereka yang kecewa karena jauh dari ekspektasi sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan metode penalaran deduktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme jual beli, motif konsumen, dan dampak dari pembelian mystery box tersebut. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1) Mayoritas konsumen menyatakan bahwa mystery box merupakan barang yang dirahasiakan isinya dengan tujuan untuk memberikan rasa penasaran kepada konsumen. Berdasarkan tinjauan dalam ekonomi Islam, mystery box seharusnya tidak boleh diperjualbelikan. 2) Mekanisme transaksi jual beli mystery box menggunakan akad salam bisa dikatakan tidak sah dikarenakan tidak memenuhi salah satu dari syarat-syarat yang ditentukan. 3) Motif konsumen dalam melakukan transaksi atau pembelanjaan harta atas dasar mencari hiburan untuk mendapatkan barang yang mengandung unsur ketidakpastian (gharar) adalah tindakan yang kurang benar, seharusnya semua aktifitas termasuk konsumsi dilakukan atas dasar mashlahah. 4) Pembelian mystery box memberikan dampak buruk bagi sebagian konsumen. Secara psikologis, sebagian konsumen merasa kecewa dengan ekspektasi mereka sendiri. Padahal, mereka sadar bahwa membeli sesuatu barang yang belum pasti merupakan hal yang tidak diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Dr. Shinta Maharani, S.E., M.Ak.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:21
Last Modified: 30 Nov 2021 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17124

Actions (login required)

View Item View Item