Peran Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran HOTS di MTs Ma'arif Munggung Pulung

Sarnoto, Sarnoto (2021) Peran Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran HOTS di MTs Ma'arif Munggung Pulung. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502180055 sarnoto MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PERAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HOTS DI MTS MA’ARIF MUNGGUNG PULUNG

ABSTRAK
Kurikulum 2013 telah mengalami revisi pada standar isi dan standar penilaian.Penilaian hasil belajar menitikberatkan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS).Pembelajaran tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mampu befikir kritis, kreatif, dan inovatif, serta mampu menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi.Untuk mengimplementasikan pembelajaran HOTS tersebut perlu adanya dukungan dari kepala sekolah. Dan guru sebagai pelaksana pembelajaran dalam mengantarkan para siswa untuk mencapai tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksirpsikan Peran Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Pembelajaran HOTS Di MTs Ma’arif Munggung Pulung yang meliputi: (1). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran HOTS di MTs Ma’arif Munggung Pulung. (2). Bagaimana kompetensi Kepala Sekolah di MTs Ma’arif Munggung Pulung. (3). Bagaimana dampak kompetensi Kepala Sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran HOTS di MTs Ma’arif Munggung Pulung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan model analisis Miles and Huberman yaitu kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yang dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian di MTs Ma’arif Munggung Pulung mengenai peran kompetensi kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran HOTS yaitu (1).Pelaksanaan pembelajaran HOTS di MTs Ma’arif Munggung Pulung yaitu: Kepala sekolah terlebih dahulu mengadakan pembinaan/pembekalan kepada guru-guru setelah itu baru tahap pelaksanaan dimulai dari mempersiapkan rencana perangkat pembelajaran (RPP), kemudian tahap pelaksanaan pembelajaran yang mana kegiatan pelaksanaan pembelajaran ini berpusat pada peserta didik. Setelah pelaksanaan ada evaluasi dilakukan ketika ulangan harian, ujian tengah semenster (UTS) ujian akhir semester (UAS). (2).Untuk kompetensi kepala Sekolah di MTs Ma’arif Munggung Pulung yaitu: Kompetensi manajerial: Melakukan pembinaan, kerjasama dengan instansi luar, menciptakan iklim kerja yang baik, memberikan penghargaan, memberikan motivasi. dan kompetensi supervisi yaitu: menyusun perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. (3). Dampak kompetensi Kepala Sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran HOTS di MTs Ma’arif Munggung Pulung yaitu: dampaknya diantaranya yaitu guru di MTs Ma’arif Munggung menerapkan pembelajaran berbasis HOTS hal ini dapat dilihat di RPP yang diampu oleh guru, guru dapat mengembangkan pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS dan juga kepala sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh guru sehingga ikut meringankan beban seorang guru dalam proses pembelajaran dan lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh Miftahul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:19
Last Modified: 30 Nov 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17123

Actions (login required)

View Item View Item