Urgensi Empati Anggota Keluarga Dalam Menyikapi Kehadiran Lansia Dalam Rumah Tangga Di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Saifuddin, Muhammad (2021) Urgensi Empati Anggota Keluarga Dalam Menyikapi Kehadiran Lansia Dalam Rumah Tangga Di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Muhammad Saifuddin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saifuddin, Muhammad. 2021. Urgensi Empati Anggota Keluarga Dalam Menyikapi Kehadiran Lansia Dalam Rumah Tangga Di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhamad Nurdin, M.Ag.
Kata Kunci: Empati, Keluarga, Lansia.
Kepekaan sosial atau empati merupakan kemampuan untuk menghargai perilaku manusia atau perasaan orang lain dan berbagi cerita serta ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain. Orang yang enggan berbagi akan tumbuh menjadi pribadi yang individualistis dan egosentris. Sementara mereka yang sejak kecil sering dilibatkan untuk memahami kesulitan orang lain, biasanya akan lebih peka dan mudah tergerak hatinya untuk menolong sesama. Di dalam lingkup keluarga, para orang tua mengajarkan kepada anaknya untuk menghargai dan menghormati orang lain. Anak dibiasakan untuk saling tolong menolong tanpa pamrih dan tidak membeda-bedakan satu dengan yang lainnya seperti dalam ajaran Islam yang mengajarkan tolong menolong setulus dan seikhlasnya agar bisa menjadi berkah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana problematika keluarga yang tinggal serumah dengan lansia, bagaimana cara menjalin dan menjaga hubungan baik anggota keluarga dengan lansia, serta bagaimanakah dampak rasa empati dari keluarga terhadap lansia yang tinggal serumah dengan lansia di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Penelitian ini bersifat kualitatif.. Mengambil 10 sampel keluarga yang serumah dengan lansia yang sesuai dengan kriteria. Pemilihan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan kualifikasi yang diinginkan penulis, yakni 10 keluarga yang menjadi sampel tersebut terdiri dari keluarga yang dimana sepuluh keluarga ini tinggal sehari-hari serumah bersama lansia. Data dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman yang memungkinkan penarikan simpulan dan dicek keabsahannya menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan mengenai empati keluarga yang diberikan oleh keluarga kepada lansia yang tinggal serumah adalah cukup baik. Dimana keluarga informan selalu berusaha memberikan kasih sayang serta perhatian yang baik kepada lansia yang tinggal serumah, selalu berusaha berkata sopan dan lemah lembut kepada lansia, selalu memberikan umpan balik yang positif. Walaupun terkadang sedikit terdapat konflik kecil seperti misalnya tidak menghiraukan pembicaraan lansia, berbicara kepada lansia dengan suara yang keras.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:05
Last Modified: 29 Nov 2021 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17108

Actions (login required)

View Item View Item