Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Religius Dan Perilaku Sosial Siswa Kelas XI Di MAN 3 Madiun

Syafaah, Fauziyatu (2021) Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Religius Dan Perilaku Sosial Siswa Kelas XI Di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317408_FAUZIYATU SYAFAAH_SKRIPSI DUMMY Etheses.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Syafaah, Fauziyatu. 2021. Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Religius Dan Perilaku Sosial Siswa Kelas XI Di MAN 3 Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perilaku Religius, dan Perilaku Sosial.
Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu bentuk usaha yang secara wajib dilakukan oleh para pendidik untuk bisa membimbing peserta didik dalam pembentukan akhlak. Melalui pengajaran tersebut sudah seharusnya siswa memperoleh pengetahuan, pemahaman keagamaan yang benar sehingga membentuk sikap dan mampu membedakan perilaku positif dan negatif. Namun, realitanya di Man 3 madiun perilaku negatif siswa mulai berkembang seperti perbuatan curang (menyontek) dan membolos saat pembelajaran sedang berlangsung, kurang sopan terhadap guru, datang terlambat, tidak mengerjakan tugas. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti berasumsi bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak berpengaruh terhadap perilaku religius dan perilaku sosial, sehingga peneliti ingin melakukan penelitian adakah pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku religius dan perilaku sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku religius siswa kelas XI Di Man 3 Madiun, dan (2) pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas XI Di Man 3 Madiun.
Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas XI di Man 3 Madiun dengan jumlah 49 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan uji-t.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku religius sebesar 27,5%, sedangkan 72,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. (2) Ada pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sosial sebesar 21,7%, sedangkan 78,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:56
Last Modified: 29 Nov 2021 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item View Item