Strategi Coping Stres Pada Petani Melon Pasca Gagal Panen (Studi Kasus Di Desa Maguwan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo)

Fitria, Dinda Ainul (2021) Strategi Coping Stres Pada Petani Melon Pasca Gagal Panen (Studi Kasus Di Desa Maguwan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211517029_Dinda Ainul fitria.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fitria, Dinda Ainul. 2021. Strategi Coping Stres Pada Petani Melon Pasca Gagal Panen ( Studi Kasus di Desa Maguwan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Irfan Riyadi, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Coping, Stres, Petani Melon, Gagal Panen
Gagal panen adalah kondisi atau keadaan petani yang tidak bisa memanen hasil yang sudah ditanam. Coping adalah perilaku yang terlihat dan tersembunyi yang dilakukan seseorang untuk mengurangi atau menghilangkan ketegangan psikologis dalam kondisi yang penuh stres. Kondisi psikologis yang dialami narasumber yaitu, kecemasan, trauma, depresi, kecewa dan psimis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Kondisi psikologis petani pasca gagal panen, (2) Bentuk penerapan strategi coping stres pada petani melon pasca gagal panen dan (3) Hasil penerapan strategi coping stres pada petani melon pasca gagal panen di Desa Maguwan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang menghasilkan catatan lapangan mengenai strategi coping stres pada petani melon pasca gagal panen. Mengambil 3 sampel petani melon gagal panen yang sesuai dengan kriteria. Pemilihan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan kualifikasi yang diinginkan penulis, yakni 3 petani yang menjadi sampel tersebut terdiri dari petani melon yang mengalami gagal panen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)kondisi psikologis petani melon pasca gagal panen mengalami kecemasan, trauma, depresi, kecewa dan peseimis. (2)Penerapan strategi coping stres untuk mengatasi kondisi psikologis petani pasca gagal panen sangat berdampak positif karena materi coping bertujuan untuk mengendalikan emosi dan mengelola stres dengan baik. (3) Bentuk strategi coping yang diterapkan adalah strategi coping yang berfokus pada masalah (Problem Focused Coping) dan strategi coping yang berfokus pada emosi (Emotion Focused Coping).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:51
Last Modified: 29 Nov 2021 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17097

Actions (login required)

View Item View Item