..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dan Tahfiz{ al-Qur'a>n Terhadap Motivasi Belajar Siswa Masa Home Visit Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Siswa-Siswi Kelas I – VI MI Mifta>hul ‘Ulu>m II Kedungpanji, Lembeyan, Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021)

Samsiah, Idhokus Samsiah (2021) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dan Tahfiz{ al-Qur'a>n Terhadap Motivasi Belajar Siswa Masa Home Visit Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Siswa-Siswi Kelas I – VI MI Mifta>hul ‘Ulu>m II Kedungpanji, Lembeyan, Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
THESIS 504190003, pub.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Samsiah, Idhokus. 2021. Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dan Tahfiz{ al-Qur'a>n Terhadap Motivasi Belajar Siswa Masa Home Visit Era Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Siswa-Siswi Kelas I – VI MI Mifta>hul ‘Ulu>m II Kedungpanji, Lembeyan, Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021). Tesis Program Magister Prodi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. H. Moh Munir, Lc, M.Ag.
Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Tahfiz{ al-Qur'a>n, Motivasi Belajar
Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa terpenting dan tak terpisahkan dalam al-Qura>n. Siswa sebagai objek belajar, harus selalu memiliki motivasi dan rasa untuk selalu ingin belajar. Menghafal al-Qura>n bukan sebagai ibadah saja, tapi juga mempunyai berbagai fungsi yang tersembunyi. Penguasaan kosakata dan program tahfiz> al-Qura>n sangat diperlukan untuk memotivasi siswa dalam belajar yang merupakan kunci keberhasilan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata bahasa Arab terhadap motivasi belajar siswa, pengaruh tahfiz{ al-Qur'a>n terhadap motivasi belajar siswa, serta pengaruh penguasaan kosakata bahasa Arab dan tahfiz{ al-Qur'a>n terhadap motivasi belajar siswa masa home visit era pandemi covid 19 di MI Mifta>hul ‘Ulu>m II Kedungpanji, Lembeyan, Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif ekspost facto dan teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan analisis Regresi Linier Berganda. Populasi yang digunakan berjumlah 129 dengan teknik sampel purposive sampling yaitu 41% (53 anak) dari kelas IV, V dan VI.
Berdasarkan analisis data penelitian siswa-siswi masa home visit era pandemi covid 19 di MI Mifta>hul ‘Ulu>m II tahun pelajaran 2020/2021 dapat disimpulkan: (1) Penguasaan kosakata bahasa Arab berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan signifikansi 0,014 < 0,05 atau 5% dan t hitung > t tabel yaitu 2,547 > 2,00856, (2) Tahfiz{ al-Qur'a>n berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan signifikansi 0,000 < 0,05 atau 5% dan t hitung > t tabel yaitu 5,334 > 2,00856, (3) Penguasaan kosakata bahasa Arab dan tahfiz{ al-Qur'a>n berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan prosentase 50,5%, dan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:50
Last Modified: 29 Nov 2021 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17096

Actions (login required)

View Item View Item