..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penanaman Karakter Mandiri dan Peduli Lingkungan pada Santri di Pondok Pesantren Subulunnajjah Kedungpanji, Lembeyan, Magetan

Ningrum, Tri (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penanaman Karakter Mandiri dan Peduli Lingkungan pada Santri di Pondok Pesantren Subulunnajjah Kedungpanji, Lembeyan, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TRI NINGRUM 210317428 PAI .pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Ningrum, Tri. 2021. Penanaman Karakter Mandiri dan Peduli Lingkungan pada Santri di Pondok Pesantren Subulunnajjah Kedungpanji, Lembeyan, Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.
Kata Kunci: Karakter Mandiri, Karakter Peduli Lingkungan, Pondok Pesantren
Memiliki anak yang berkarakter mulia (good attitude) merupakan dambaan orang tua. Banyak karakter yang menjadi indikator akhlak mulia. Antara lain karakter mandiri dan peduli lingkungan. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Ada banyak gejolak yang muncul di masa ini, mulai dari karena perubahan fisik, psikis, dan pikiran (kognitif). Di masa tersebut remaja juga sedang mencari jati dirinya. Sehingga, ia menjadi sosok yang suka mencoba-coba. Hal tersebut jika tidak diarahkan dengan baik maka dapat menyebabkan terjadinya sebuah penyimpangan dan kerusakan. Hal tersebut mendapat perhatian khusus dari pengasuh pondok pesantren Subulunnajjah. Para santri di pondok pesantren Subulunnajjah dididik agar menjadi pribadi yang berkarakter mandiri dan peduli lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk-bentuk kemandirian dan kepedulian lingkungan santri di pondok pesantren Subulunnajjah Kedungpanji, (2) menjelaskan upaya-upaya dalam penanaman karakter mandiri dan peduli lingkungan pada santri di pondok pesantren Subulunnajjah Kedungpanji, (3) menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman karakter mandiri dan peduli lingkungan pada santri di pondok pesantren Subulunnajjah Kedungpanji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis temuan data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk-bentuk karakter mandiri santri di pondok pesantren Subulunnajjah Kedungpanji antara lain, kemandirian emosi (santri memiliki sikap berani dan bertanggung jawab), kemandirian tingkah laku (santri dapat melakukan giat pribadi secara mandiri), kemandirian nilai (santri dapat membuat keputusan, mana hal penting dan tidak penting). Sedangkan bentuk karakter peduli lingkungan santri seperti, santri sudah dapat membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah, menyiram bunga, dan mengolah lahan pertanian milik pondok. (2) upaya-upaya yang dilakukan untuk menanamkan karakter mandiri dan peduli lingkungan pada santri yaitu melalui kegiatan Khitobah, piket kebersihan, kegiatan memilah sampah, piket memasak, serta kegiatan belajar mengolah sawah, (3) faktor pendukung dalam penanaman karakter mandiri dan peduli lingkungan pada santri antara lain: kemauan/kehendak individu, pendidikan, dan lingkungan. Adapun faktor penghambatnya yaitu: keturunan/sifat bawaan individu dan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:48
Last Modified: 29 Nov 2021 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17093

Actions (login required)

View Item View Item