..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Antara Metode Ummi Dengan Metode Annahdliyah Di Tk Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021.

Rohmah, Siti Fadlila Nur (2021) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Antara Metode Ummi Dengan Metode Annahdliyah Di Tk Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117019_SITI FADLILA NUR ROHMAH_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Fadlila Nur Rohmah, Siti. 2020. Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Antara Metode Ummi Dengan Metode Annahdliyah Di Tk Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pembimbing Ratnanila Puspitasari, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Ummi dan Metode Annahdliyah
Kemampuan membaca huruf Hijaiyah (Al-Qur’an) merupakan hal penting yang perlu diajarkan pada anak sejak dini. Dan telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dengan memberikan perintah yang besar terhadap pendidikan Al-Qur’an khususnya untuk kalangan anak-anak. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan mereka untuk berkeyakinan bahwa sesungguhnya Allah SWT itu Tuhanya, dan Al-Qur’an adalah kalam-Nya. Masalah yang ditemukan oleh peneliti di Kecamatan Sukorejo saat ini, banyak dijumpai anak yang masuk ke jenjang Sekolah Dasar masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’an seperti pelafalan Makhroj, tajwid dan kelancaran. Dari hasil pendalaman muncul dua metode yang banyak digunakan di Kecamatan Sukorejo dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti memilih 2 lembaga yaitu Metode Ummi di TKIT Darul Falah Sukorejo dan Metode Annahdliyah di TA Perwanida Lengkong.

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia dini yang menggunakan Metode Ummi dan Metode Annahdliyah di TK Kecamatan Sukorejo. Dan apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara Metode Ummi dengan Metode Annahdliyah pada anak usia dini di TK Kecamatan Sukorejo. Peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk membandingkan kedua metode tersebut dan untuk pengumpulan data digunakan metode observasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus t-tes yang membandingkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Ummi dan Metode Annahdliyah di TK Kecamatan Sukorejo, Kab Ponorogo.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Hasil dari observasi kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang belajar menggunakan Metode Ummi rata-rata berada pada kategori sedang dan memiliki perbedaan. (2) Hasil uji t-tes menyatakan bahwa nilai t_tabel < t_hitung = 0,952 < 2,023 maka H_a ditolak. Berarti variabel Metode Ummi dan Metode Annahdliyah tidak mempunyai varian yang berbeda. Dengan demikian analisis uji t-tes dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca Metode Ummi dengan Metode Annahdliyah. Tetapi setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut ini kelebihan dan kekurangan pada Metode Ummi dan Metode Annahdliyah. Kelebihan dan kekurangan Metode Ummi terdapat 2 faktor yaitu: Faktor internal pertama, untuk panduan metode Ummi ada 2 edisi yaitu: Edisi untuk anak terdiri dari 6 jilid. Edisi dewasa yang terdiri dari 3 jilid Kedua, menciptakan siswa atau santri yang membaca dengan benar, fasih dan tartil. Ketiga, menciptakan siswa atau santri yang terampil dan cepat dalam membaca. Faktor eksternal yaitu ada sertifikat untuk guru sehingga kelulusan sertifikat ketat demi menjaga kualitas Metode Ummi. Sedangkan kekurangan pada Metode Ummi yaitu biaya Workshop (pelatihan) dan buku pedoman yang mahal. Kelebihan Metode Annahdliyah yaitu pertama, metode ini mengacu pada pendekatan totalitas. Kedua, siswa dapat berhasil dalam menghafal Al-Qur’an dengan tartil. Ketiga, dalam teknik pelaksanaan, belajar dengan system klasik. Keempat, metode ini dipandu dengan titian murottal. Sedangkan kekurangan pada Metode Annahdliyah yaitu siswa mempunyai ketergantungan terhadap titian murottal dan pendekatan sistem privat dapat menyebabkan persaingan yang kurang sehat antar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:31
Last Modified: 29 Nov 2021 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item