..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BL ADA, UPLOAD ULANG)..TOLERANSI BERAGAMA MENURUT M. QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISHBAH

Ni'mah, Lailatun (2021) ..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BL ADA, UPLOAD ULANG)..TOLERANSI BERAGAMA MENURUT M. QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISHBAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NI'MAH WATERMARK - FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ni’mah, Lailatun. 2021. Toleransi Beragama Menurut Quraish Shihab Dalam Tafsir al-Mishbah. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, pembimbing Zahrul Fata, M.IRK.,Ph.D.
Kata kunci: Toleransi Beragama, Quraish Shihab, Batasan, Prinsip.
Permasalahan umum yang diangkat oleh peneliti adalah tentang Toleransi Beragama. Berawal dari keberagaman agama yang mengharuskan penganutnya untuk memahami tentang batasan dan prinsip dalam bertoleransi yang sesuai dengan ajaran al-Qur‟an, agar tercipta suatu keharmonisan dalam bermasyarakat, namun tidak boleh saling mengorbankan keyakinan agama demi bertoleransi. Salah satu bentuk toleransi yang ditunjukkan Islam adalah dengan saling memelihara rumah ibadah non-muslim walaupun ibadahnya tidak sesuai dengan Islam.
Masalah dalam penelitian ini akan dirumuskan kedalam dua rumusan masalah, yakni: pertama, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat toleransi beragama ? kedua, Bagaimana sikap toleransi beragama dalam Islam menurut M. Quraish Shihab?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Sumber data berasal dari kitab suci al-Qur‟an dan kitab Tafsir al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. Penelitian ini termasuk kepustakaan (library reseach). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis.
Dari penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa M.Quraish Shihab memulai untuk menulis Tafsir al-Mishbah karena adanya dorongan dari umat Islam Indonesia yang meminta agar beliau menulis kitab tafsir. Metode yang digunakan dalam Tafsir al-Mishbah adalah model penafsiran tahlili, yaitu dengan menjelaskan ayat-ayat al-Qur‟an dari segi ketelitian dan redaksinya. Hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa faktor yang bisa menjadi penghambat dan pendorong adanya toleransi beragama dan bagaimana sikap toleransi beragama yang di maksud oleh M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zahrul Fata
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:01
Last Modified: 26 Nov 2021 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17077

Actions (login required)

View Item View Item