Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen dan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SD IT Al Banna Bandar Pacitan Tahun Akademik 2019/2020

Widodo, Pipit Purnamawati (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen dan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SD IT Al Banna Bandar Pacitan Tahun Akademik 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
e-thesis_210616128_Pipit_Purnamawati_Widodo[2].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

WIDODO, PIPIT PURNAMAWATI. 2021, Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di SD IT Al Banna Bandar Pacitan Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing Hanin Niswatul Fauziah,M.Si.

Kata Kunci : Metode Eksperimen, Metode Demonstrasi dan Hasil Belaja
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran IPA, Pada dasarnya dalam proses pembelajaran seorang guru sangat penting dalam memperhatikan dan menerapkan suatu metode untuk pembelajaran. Seperti halnya pada saat peneliti melakukan penelitian di SD IT Al Banna, peneliti tertarik melakukan penelitian di SD tersebut karena melihat minat masyarakat yang mempercayakan sekolah tersebut sebagai tempat menuntut ilmu untuk anak-anaknya di karenakan sekolahan tersebut menjunjung tinggi mengenai pembelajaran agama. Namun pembelajaran di SD IT Al Banna guru mengajar mata pelajaran masih menggunakan metode ceramah khususnya dalam pembelajaran IPA pada kelas IV sehingga pemahaman siswa kurang dalam menerima materi tersebut. Pada dasarnya pembelajaran IPA tidak hanya melalui metode ceramah saja, karena itu akan membuat siswa merasa bosan dan tidak dapat fokus dalam menangkap materi yang diberikan guru. Guru seharusnya dapat mengemas proses pembelajaran yang bisa meningkatkan semangat siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik,
Dalam kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari adanya hambatan yang dialami oleh guru maupun siswa dan dapat membuat hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IPA siswa kelas IV SD IT Al Banna Bandar Pacitan Tahun Akademik 2019/2020. (2) Mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa IPA kelas IV SD IT Al Banna Bandar Pacitan Tahun Akademik 2019/2020.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dimana penelitian ini menggunakan eksperimen, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol dan IV B sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan tes (post tes ). Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan software SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran IPA kelas IV SD IT Al Banna Pacitan Tahun ajaran 2019/2020, hal ini diketahui dari uji-t yang menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 dan metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran IPA kelas IV SD IT Al Banna Pacitan Tahun ajaran 2019/2020, hal ini berdasarkan uji-t yang menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 05:50
Last Modified: 26 Nov 2021 05:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17071

Actions (login required)

View Item View Item