Strategi Marketing Mix dalam Menarik Minat Nasabah Pembiayaan Musyarakah Mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Magetan

Tyastutik, Yulfi (2021) Strategi Marketing Mix dalam Menarik Minat Nasabah Pembiayaan Musyarakah Mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
full watermark 02.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Tyastutik, Yulfi. Strategi Marketing Mix Dalam Menarik Minat Nasabah Pembiayaan Musyarakah Mikro Di Bank Syariah Indonesia KCP Magetan. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ridho Rokamah, S.Ag., M.Si.
Kata kunci: Data Jumlah Nasabah, Sales Promotion, Dampak - Dampak.
Bank Syariah Indonesia KCP Magetan meupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai tiga produk pembiayaan, diantaranya pembiayaan murabahah, pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah. Dari ketiga produk pembiayaan ini, hanya produk pembiayaan musyarakah yang mengalami penurunan minat nasabah paling signifikan. dalam teori marketing mix yang dikemukakan oleh Ali Hasan, ada 7 strategi marketing mix yang harus diterapkan oleh bank untuk dapat menunjang penjualan dan meminimalisir masalah yang akan dihadapi dikemudian hari. Bank Syariah Indonesia KCP Magetan sudah menerapkan strategi marketing mix 7p ini, tetapi dalam penerapannya memang tidak sepenuhnya maksimal. Tentunya hal ini, menjadi hal yang penting untuk diteliti lebih lanjut.
Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah diantaranya, bagaimana strategi marketing mix yang sudah diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Magetan dalam menarik minat minat nasabah pembiayaan musyarakah mikro dan bagaimana dampak strategi marketing mix yang sudah diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Magetan dalam menarik minat minat nasabah pembiayaan musyarakah mikro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis pada penelitian ini bersifat induktif.
Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi marketing mix yang sudah diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Magetan dalam menarik minat nasabah pembiayaan musyarakah mikro dengan menggunakan marketing mix 7p diantaranya product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. dari penerapan ke-7 strategi ini ada beberapa strategi yang tidak optimal diterapkan diantaranya strategi promotion, place dan strategi physical evidence. Selain itu, strategi marketing mix yang sudah diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Magetan dalam menarik minat nasabah pembiayaan musyarakah mikro memiliki dampak positif untuk pihak bank. Karena dengan penerapan strategi marketing mix ini pihak bank dapat dengan mudah mengidentifikasi masalah mengenai penjualan lebih dini. Selain itu, pihak bank dapat dengan segera mengambil keputusan dan penyelesaian masalah dengan lebih cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:53
Last Modified: 29 Nov 2021 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17070

Actions (login required)

View Item View Item