TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJASAMA GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DI DESA PUCANGOMBO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN

Ayuningrum, Fitri Diah (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJASAMA GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DI DESA PUCANGOMBO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210215086_FITRI DIAH AYUNINGRUM_HUKUM EKONOMI SYARIAH-converted (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ayuningrum, Diah Fitri, 2021.Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Gabungan Kelompok Tani di Desa Pucangombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan.Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing.Sholeh Hasan Wahid M.H.I

Kata kunci : Kerjasama, bagi hasil, syir<kah musya<rakah.
Desa Pucangombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan membentuk suatu kerjasama yang bernama Gapoktan. Kerjasama dilakukan oleh anggota Gapoktan yang terdiri dari petani Desa Pucangombo. Pengolahan lahan dibiayai dengan iuran awal yang dilakukan oleh petani dengan nominal yang berbeda sesuai kemampuan. Dalam bagi hasil untuk pembagian keuntungan waktu panen dilakukan dengan menggunakan presentase 10%, sisanya diberikan untuk petani sebagai pengganti gaji untuk petani jika bekerja sebagai petani.
Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan 2 (dua) masalah yang meliputi Bagaimana akad kerjasama gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Desa Pucangombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan? Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap bagi hasil dalam kerjasama di Desa Pucangombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Selanjutnya analisis data induktif metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut yang berarti data yang dikumpulkan berupa kata-kata, hasil wawancara, dan bukan angka-angka.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad kerjasama yang dilakukan Gapoktan yaitu sistem kerjasama Musya<rakah atau syirkah ‘inan dimana setiap orang memberikan iuran dengan jumlah yang berbeda. Setiap pihak yang terlibat berhak mengeluarkan modal sesuai yang telah disepakati bersama oleh semua pihak yang terlibat kerjasama. Gapoktan tersebut menggunakan sistem bagi hasil. Apabila dalam kerjasama tersebut terjadi keuntungan maka hasilnya dibagi rata, baik kepada pemilik lahan maupun petani. Tetapi apabila terjadi kerugian maka yang menanggung kerugian itu anggota Gapoktan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sholeh Hasan Wahid
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:55
Last Modified: 26 Nov 2021 03:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item View Item