Upaya Pimpinan Organisasi Pemuda Mlancar dalam Mengelola Konflik Masyarakat Lingkungan Dukuh Mlancar

Isro', Maher Khoirul (2021) Upaya Pimpinan Organisasi Pemuda Mlancar dalam Mengelola Konflik Masyarakat Lingkungan Dukuh Mlancar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
A5Skripsi Maher Khoirul Isro'.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maher Khoirul Isro’, 2021, Upaya Pimpinan Organisasi Pemuda Mlancar Dalam Mengelola Konflik Masyarakat Lingkungan Dukuh Mlancar, Skripsi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Fadilah Rahmawati, S.S, M.Si.
Kata kunci: Pimpinan Organisasi Pemuda, Konflik, Manajemen Konflik
Manusia memiliki perbedaan jenis kelamin, strata sosial dan ekonomi, sistem hukum, bangsa, suku, agama, kepercayaan, aliran politik, serta budaya dan tujuan hidupnya. Dalam sejarah umat manusia, perbedaan inilah yang selalu menimbulkan konflik sehingga membutuhkan pengelolaan. Seperti halnya yang terjadi di Dukuh Mlancar terjadi konflik sehingga membutuhkan pergerakan Pimpinan Organisasi Pemuda yang dapat dicontoh bagi pimpinan organisasi pemuda lainnya. Dari uraian di atas lah penulis memutuskan mengambil penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1.) Bagaimana bentuk konfik yang terjadi dalam Masyarakat Lingkungan Mlancar. 2.) Apa saja faktor terjadinya konflik Masyarakat Lingkungan Mlancar. 3.) Apa saja tindakan pengelolaan konflik Masyarakat Lingkungan Mlancar yang dilakukan oleh Pimpinan Organisasi Pemuda Mlancar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis dengan reduction, data display, dan conclution drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Bentuk konflik yang terdapat di Lingkungan Dukuh Mlancar adalah konflik interpersonal dan konflik intraorganisasi. Konflik interpersonal melibatkan konflik antara ibu dan anak yang terjadi di tahun 2020. Sedangkan konflik intraorganisasi melibatkan seluruh masyarakat Dukuh Mlancar yang masing-masing terbagi menjadi dua kubu pendukung pada pemilihan Kepala Desa pada tahun 2019, 2) Faktor penyebab konflik yang terjadi di lingkungan Dukuh Mlancar adalah perbedaan pendapat masyarakat dalam menentukan pilihan calon Kepala Desa pada Pilkades 2019. Selain itu konflik disebabkan karena kesalahpahaman masing-masing pihak yang melibatkan anggota keluarga sehingga terjadilah konflik keluarga di tahun 2020, 3) Upaya pengelolaan konflik yang terjadi di Lingkungan Masyarakat Dukuh Mlancar yang dilakukan oleh Pimpinan Organisasi Pemuda Mlancar dengan menggunakan metode integratif untuk mewujudkan kembali Masyarakat Dukuh Mlancar yang bersatu lewat sebuah musyawarah, pertemuan rutinan, menggalakkan kembali kegiatan tahunan, dan silaturahmi kepada tokoh masyarakat sebelum diadakannya sebuah kegiatan. Selain itu Pimpinan Organisasi Pemuda Mlancar menggunakan metode interaktif yang bertugas sebagai mediator (pihak ketiga sebagai penengah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:47
Last Modified: 26 Nov 2021 03:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17067

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item