Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Onderdil Bekas di Pasar Klitikan Joko Tingkir Kabupaten Sragen

Cahyaningrum, Yuni (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Onderdil Bekas di Pasar Klitikan Joko Tingkir Kabupaten Sragen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
YUNI UPLOAD PERPUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Cahyaningrum, Yuni, 2021, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Onderdil Bekas di Pasar Klitikan Joko Tingker Sragen, Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M. Pd.
Kata Kunci/keywod : Jual beli, Onderdil, Hak khiya>r.

Islam mengajarkan manusia untuk menjadi panutan dalam berperilaku sehari-hari yang diatur dalam hukum muamalah. Salah satu jenis usaha yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yakni melakukan praktik jual beli, dan Allah telah menghalalkan manusia untuk melakukan jual beli sebagaimana dalam firman Allah Swt. yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Jual beli yang sering dilakukan masyarakat saat ini yaitu jual beli barang bekas khususnya onderdil bekas yang mana masyarakat membeli barang tersebut tanpa mengetahui asal usulnya, dan dari penjual tidak menyaratkan adanya pengembalian barang cacat, salah satunya pada jual beli onderdil bekas di Pasar Klitikan Joko Tingker Kabupaten Sragen.
Adapun pokok permasalahan yang akan diteliti yaitu: (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap objek jual beli onderdil bekas di Pasar Klitikan Joko Tingkir Kabupaten Sragen? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pengembalian barang cacat dalam jual beli onderdil bekas di Pasar Klitikan Joko Tingkir Kabupaten Sragen?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode induktif. sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli onderdil bekas di Pasar Klitikan Joko Tingkir Kabupaten Sragen belum sesuai dengan hukum Islam. Karena belum memenuhi salah satu rukun jual beli, yaitu ma’qu>d alaih (barang atau benda), di mana disebutkan dalam salah satu syarat sah nya objek jual beli yaitu penjual tidak boleh menyembunyikan kecacatan pada barang yang diperjual belikan. Adapun tinjauan hukum Islam terhadap pengembalian barang cacat dalam jual beli onderdil bekas di Pasar Klitikan Joko Tingkir Kabupaten Sragen tidak sesuai dengan khiya>r aib, karena penjual melanggar kesepakatan pada awal akad di mana penjual tidak mau menerima pengembalian barang tersebut, padahal pada awal kesepakatan penjual menyampaikan apabila barang bisa dikembalikan dalam waktu maksimal dua hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:48
Last Modified: 26 Nov 2021 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17066

Actions (login required)

View Item View Item