Strategi Coping Stres Pada mahasiswi Yang Sudah Menikah dalam Penyelesaian Skripsi (Studi kasus: Di Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Ponorogo Tahun 2016)

Hidayati, Laily Amalia (2021) Strategi Coping Stres Pada mahasiswi Yang Sudah Menikah dalam Penyelesaian Skripsi (Studi kasus: Di Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Ponorogo Tahun 2016). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ethesis[1].pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Laily, 2021. Strategi Coping Stres Pada Mahasiswi Yang Sudah Menikah Dalam Penyelesaian Skripsi (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ushuluddin , Adab, Dan Dakwah IAIN Ponorogo Tahun 2016). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Fadhila Rahmawati, M. Si.
Kata kunci: Stres, Sumber Stres, Strategi Coping Stres.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1)Untuk Mengetahui latar belakang mahasiswi menikah sebelum lulus kuliah. (2) Untuk Mengetahui sumber stress pada mahasiswi yang sudah menikah. (3) Untuk Mengetahui bentuk strategi coping stress sebagai seorang mahasiswi sekaligus menjadi seorang istri.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) hal-hal yang melatar belakangi terjadinya pernikahan yang mereka jalani sangatlah beragam diantaranya, permintaan dari keluarga suami, merasa sudah cukup umur, dan mampu menjalankan kedua peran tersebut. (2) dikarenakan kedua peran tersebut mereka mengalami kondisi stres yang besumber dari individu, keluarga maupun lingkungan sehingga hal tersebut memunculkan respon positif maupun negative. (3) sehingga mereka berusaha keluar dari kondisi ini yaitu dengan melakukan coping stres yang mereka anggap mampu untuk melepaskanya dari kondisi ini, yaitu dengan meminta nasihat dan dukungan dari pasangan atau keluaga. Refresing atau sekedar berlibur atau rekreasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fadhila Rahmawati
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:48
Last Modified: 26 Nov 2021 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item